Habib Rizieq Shihab Marah Hingga Tunjuk-tunjuk Jaksa, Pakar Hukum: Karena yang Ditanyakan Itu Fakta

- 23 April 2021, 07:51 WIB
Habib Rizieq Shihab Marah Hingga Tunjuk-tunjuk Jaksa, Pakar Hukum: Karena yang Ditanyakan Itu Fakta/Tangkapan Layar Twitter.com/@RosidinBrawija3
Habib Rizieq Shihab Marah Hingga Tunjuk-tunjuk Jaksa, Pakar Hukum: Karena yang Ditanyakan Itu Fakta/Tangkapan Layar Twitter.com/@RosidinBrawija3 /


GALAMEDIA – Pakar Hukum Tata Negara, Refly Harun menyoroti perihal adu mulut antara eks Ketua Front Pembela Islam (FPI), Habib Rizieq Shihab dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) di Pengadilan Jakarta Timur.

Refly Harun menilai bahwa pertanyaan yang dilayangkan Habib Rizieq Shihab kepada saksi tergolong pertanyaan yang biasa ditanyakan di persidangan.

“Pertanyaan biasa-biasa saja karena yang ditanyakan adalah fakta kecuali dia tanya pendapat. Kalau tanya pendapat itu tidak boleh,” ujar Refly Harun yang dikutip Galamedia dari kanal Youtube Refly Harun, Jumat, 23 April 2021.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 23 April 2021: Tes DNA Reyna Dilakukan, Rendy Temukan Bukti Rekaman CCTV Hotel

“Misalnya seperti pertanyaan ‘pantaskah kasus maulid nabi itu dipidanakan?’ baru ini yang tidak boleh. Kalau misalnya ada pertanyaaan ‘pernah ada kasus lain yang dipidanakan?’ kan saksi bisa menjawab iya atau tidak sepanjang pengetahuan dia,” tambahnya.

Oleh karena itu, Refly menegaskan bahwa kehadiran saksi tersebut terkesan hanya ingin memberatkan Habib Rizieq Shihab. Menurutnya, jika mengacu pada perspektif yang benar, maka JPU hanya bertugas menyampaikan dakwaan berdasarkan fakta dan dasar hukumnya.

“Apabila saksi-saksi mengatakan sebaliknya ya enggak apa-apa juga,” jelasnya. Dari fenomena ini, Refly Harun menilai bahwa JPU hanya ingin memidanakan Habib Rizieq Shihab.

Baca Juga: Gempa Bumi Magnitudo 3.2 Guncang Kabupaten Subang dengan Kedalaman 5 Km

Sebelumnya, Habib Rizieq Shihab telah menjalani persidangan kasus pelanggaran protokol kesehatan di Pengadilan Jakarta Timur, Kamis 22 April 2021.

Pada persidangan tersebut, Habib Rizieq Shihab turut memberikan pertanyaan kepada Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin perihal kasus pelanggaran protokol kesehatan selain kasus dirinya yang berlanjut hingga ke meja hijau.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x