Ajak Umat Doakan ABK Nanggala 402, MUI: Siapa yang Mati karena Tenggelam maka Dia Mati dalam Keadaan Syahid

- 25 April 2021, 13:49 WIB
Tangkapan layar video para awak KRI Nanggala 402 sedang bernyanyi lagu 'Sampai Jumpa'./Instagram.com
Tangkapan layar video para awak KRI Nanggala 402 sedang bernyanyi lagu 'Sampai Jumpa'./Instagram.com /

GALAMEDIA - Umat muslim diajak menggelar Salat Gaib baik sendiri-sendiri maupun berjamaah untuk para awak kapal selam Nanggala-402 yang hingga kini masih dalam pencarian setelah dinyatakan subsunk (tenggelam).

"Mari melaksanakan Salat Gaib agar semua dosa mereka diampuni dan pengabdian serta pengorbanan yang telah mereka berikan kepada bangsa dan negaranya menjadi ibadah serta mendapatkan ganjaran pahala yang sebesar-besarnya dari-Nya," ujar Wakil Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas dalam keterangan tertulisnya, Minggu.

Dikatakan Anwar tenggelamnya KRI Nanggala-402 menjadi kabar duka bukan hanya keluarga awak kapal saja, tetapi duka seluruh masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Jokowi : Lakukan Upaya Terbaik untuk Mencari dan Selamatkan 53 Awak Kapal Selam KRI Nanggala-402

Anwar mengajak untuk tetap menggantungkan harapan setinggi langit agar pencarian KRI Nanggala-402 dapat segera menemui titik terang, bukan hanya soal lokasi kapal termasuk awak yang ada di dalammnya.

"Tetapi kalau seandainya harapan itu tidak kita dapatkan, kita mengharapkan agar kita semua terutama pihak keluarga dapat menerima musibah ini dengan penuh ketabahan dan kesabaran," kata dia.

Anwar pun mengutip salah satu hadits yang menerangkan tentang mati syahid ketika seseorang meninggal akibat tenggelam, "Siapa yang mati karena tenggelam maka dia mati dalam keadaan syahid. (HR Muslim 1915)".

Anwar meyakini jika prajurit KRI Nanggala-402 harus dinyatakan meninggal maka mereka telah menghadap Sang Pencipta dengan terhormat.

Baca Juga: Penuh Haru, Jansen Sitindaon Unggah Video Lagu Gugur Bunga: Terimakasih KRI Nanggala 402 Telah Berbakti

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x