Didik J Rachbini Bongkar Misteri Rezim Jokowi: Evolusi Kekuasaan dari Bandit Jadi Negarawan

- 25 April 2021, 15:36 WIB
Presiden Joko Widodo.
Presiden Joko Widodo. /Twitter/@jokowi/

GALAMEDIA – Ekonom senior INDEF, Didik J. Rachbini mengaku geram dengan keberadaan 3 kasus pidana di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Tiga kasus yang dimaksud Didik J. Rachbini adalah perihal kasus Politisi PKB Usman Sulaiman menjadi gembong narkoba, kasus korupsi penyidik KPK, dan kasus korupsi Bansos.

Didik J. Rachbini pun mengaitkan ketiga kasus tersebut dengan teori bandit. Menurutnya, teori bandit ini erat kaitannya dengan kekuasaan, demokrasi, politisi, dan penguasa yang hadir pada era modern saat ini.

Didik J. Rachbini menyebut, kekuasaan tanpa rule of law adalah asal muasal dari sistem yang sekarang.

Baca Juga: Dua Daerah DI Indonesia, Gorontalo dan Manokwari Diguncang Gempa Bumi pada Hari Minggu

Menurutnya, politik dan politisi di dalam sistem kekuasaan sekarang, sebenarnya adalah hasil dari suatu proses evolusi kelembagaan dari sistem banditisme.

Didik J. Rachbini mengungkapkan bahwa politisi yang tampil sekarang dalam sistem modern bermuasal dari kiprah para bandit yang berkuasa atas masyarakat yang lemah tanpa rule of law.

Hal tersebut didasari dengan keberadaan teori Mancur Olson. Mancur Olson sendiri merupakan pemenang Nobel di bidang ekonomi.

“Bagaimana proses evolusi sistem kelembagaan itu terjadi? Menurut Mancur Olson (pemenang Nobel Ekonomi), sistem kekuasaan berevolusi dalam setidaknya tiga tahap, yaitu: sistem anarkhis, sistem transisi dan sistem demokrasi,” kata Didik J. Rachbini yang dilansir Galamedia dari akun Twitternya, @DJRachbini, Minggu 25 April 2021.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X