Polemik KRI Nanggala 402, Rocky Gerung: Perbaharui Kapalnya, Bukan Pamer Jalan Tol

- 26 April 2021, 14:05 WIB
KRI Nanggala 402 yang hilang tenggelam di Perairan Bali.
KRI Nanggala 402 yang hilang tenggelam di Perairan Bali. /Antara/ Syaiful Hakim.

GALAMEDIA – Pengamat politik, Rocky Gerung turut menyoroti perihal gugurnya 53 kru KRI Nanggala 402 di kedalaman 838 meter perairan Bali.

Rocky Gerung menyebut, KRI Nanggala 402 merupakan salah teknologi tinggi milik Indonesia yang diperlukan kecermatan dalam mengendalikannya.

"Ketika kita masuk ke dalam kapal selam (KRI Nanggala 402), maka kapal selam lah yang mengendalikan kita. Tetapi sistem teknologi itu langsung menyatu dengan kita untuk menjalankan sebuah pekerjaan," ujar Rocky dikutip Galamedia dari kanal YouTube Rocky Gerung Official, Senin 26 April 2021.

Maka dari itu, Rocky menyebut, hubungan antara manusia dan teknologi itu tergolong ke dalam simbiosis mutualisme atau hubungan yang saling memberikan keuntungan antar kedua belah pihak.

Baca Juga: DPR: Eternal Patrol KRI Nanggala 402 Momentum Upgrade Alutsista TNI

Begitupun dengan hubungan antara kru KRI Nanggala 402 dengan teknologi di dalamnya.

"Teknologi membutuhkan manusia untuk digerakkan manusia dan manusia membutuhkan teknologi untuk mencapai sebuah maksud," tuturnya.

Tidak hanya itu, menurut Rocky, insiden tenggelamnya KRI Nanggala 402 kini telah menjadi sorotan dunia internasional.

Rocky menyebut, kapal selam itu identik dengan yang namanya misi rahasia dan bahkan kalau bisa kapal selam itu tidak boleh terdeteksi oleh sistem informasi negara lain.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x