Presiden Joko Widodo Sampaikan Terima Kasih pada Negara yang Membantu Pencarian KRI Nanggala 402

- 26 April 2021, 16:43 WIB
Presiden Jokowi saat memberi keterangan pers di Istana Merdeka, Provinsi DKI Jakarta, Senin 26 April 2021./Foto: BPMI Setpres/
Presiden Jokowi saat memberi keterangan pers di Istana Merdeka, Provinsi DKI Jakarta, Senin 26 April 2021./Foto: BPMI Setpres/ /

GALAMEDIA - Pencarian KRI Nanggala 402 yang tenggelam di perairan Bali dibantu oleh beberapa negara sahabat.

Negara-negara yang membantu yaitu Amerika Serikat, Australia, India, dan Singapura.

Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan terima kasih kepada negara tersebut karena telah membantu pencarian kapal selam KRI Nanggala 402.

"Terima kasih, penghargaan juga saya sampaikan atas bantuan negara-negara sahabat atas upaya dan kerja keras dalam pencairan KRI Nanggala," kata Jokowi di Istana Merdeka Jakarta, dikutip Galamedia dari Antara pada Senin 26 April 2021.

Baca Juga: Genap Berusia 22 Tahun, Ini Perjalanan Karier Aktris Ranty Maria

Terdapat beberapa negara yang mengirimkan bantuan untuk mencari KRI Nanggala 402 setelah pemerintah melakukan permintaan bantuan ke International Submarine Escape and Rescue Liaison Office (ISMERLO).

Tentara Laut Diraja Malaysia (TLDM), mengirim MV Mega Bakti pada Kamis 22 April 2021. Kapal tersebut dirancang sebagai kapal pendukung permukaan untuk penyelamatan kapal selam.

Pemerintah Singapura, mengirimkan MV Swift Rescue yang mampu berada di laut selama 4 minggu. MV Swift Rescue dilengkapi dengan kapal selam Deep Search and Rescue Six (DASR 6).

DSAR 6 mampu terjun ratusan meter ke kedalaman air, menempelkan tubuhnya ke kapal selam yang lumpuh, menyelamatkan penumpang dan membawa mereka kembali ke kapal.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x