Kemenkes Identifikasi Mutasi Virus Corona dari India, Lebih Berbahaya!

- 27 April 2021, 14:35 WIB
lustrasi Virus Corona.
lustrasi Virus Corona. /Gambar oleh cottonbro dari Pexels./

GALAMEDIA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) hingga kini masih terus melakukan identifikasi terhadap mutasi virus Corona yang berpotensi dibawa pendatang dari India.

Sebelumnya diketahui banyak warga negara India yang datang ke Indonesia, dan beberapa di antaranta ternyata terpapar virus Corona baru.

Dalam hal ini, identifikasi terhadap mutasi virus Corona ditangani langsung oleh intensif Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

"Kami sedang melakukan whole genome sequencing (pengurutan keseluruhan genom) dari sejumlah warga negara India yang terkonfirmasi positif Covid-19. Mungkin Jumat depan hasilnya," ungkap Juru Bicara Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, dikutip Galamaedia dari PMJ News, pada Selasa 27 April 2021.

Baca Juga: Suporter Persija dan Persib Berulah, Polri Tunggu Langkah Nyata PSSI Sebelum Keluarka Izin Liga 1 dan Liga 2

Nadia mengatakan bahwa pengurutan keseluruhan genom diteliti oleh Balitbangkes bekerja sama dengan 17 laboratorium di Indonesia.

Sementara, Kemenkes mengonfirmasi terdapat 12 orang dari total 127 orang warga negara India yang melakukan eksodus ke Indonesia dinyatakan positif terjangkit Covid-19.

Sejumlah pihak terkait tengah bersiap mengantisipasi masuknya varian baru Covid-19 dari sejumlah negara lainnya.

Di antaranya B117 dari Inggris, B1351 dari Afrika Selatan, P1 dari Brazil, serta varian mutasi ganda B1617 di India yang diperkirakan lebih berbahaya dan cepat menular.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x