Gubernur Ridwan Kamil Luncurkan Agrowisata Cianjur, Cipendawa dan Cikanyere Jadi Andalan

- 27 April 2021, 20:14 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meluncurkan kawasan agrowisata Desa Cipendawa di Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Selasa 27 April 2021./Foto: Yogi P/Biro Adpim Jabar/
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meluncurkan kawasan agrowisata Desa Cipendawa di Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Selasa 27 April 2021./Foto: Yogi P/Biro Adpim Jabar/ /

GALAMEDIA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meluncurkan kawasan agrowisata Cianjur di Desa Cipendawa di Kecamatan Pacet, Selasa 27 April 2021.

Cipendawa merupakan salah satu desa yang terbilang masih asri dengan hamparan sawah dan alam pegunungan yang hijau dengan udara sejuk.

Kuliner tersohor dari desa ini adalah kue cincin, makaroni, dan lapis legit. Sementara seni budaya yang masih kuat di desa ini adalah gamelan Sunda.

Nama Cipendawa diambil dari Sungai Cipandawa yang melewati desa ini. ‘Ci’ berarti air, ‘pan’ berarti untuk, ‘dawa’ berarti obat. Cipandawa dapat dimaknai sebagai sungai untuk obat yang berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit.

Baca Juga: Tangkap Munarman, Densus 88 Sita Buku-buku Demokrasi dan Syariat Islam

Dengan berbagai potensi yang ada, Cipendawa diproyeksikan menjadi salah satu desa agrowisata di Cianjur yang menjadi andalan Jawa Barat dalam mengembangkan dunia pariwisata dalam kerangka pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

Gubernur Ridwan Kamil memberikan rumus pengembangan agrowisata kepada Pemkab Cianjur. Menurutnya, agrowisata dapat menyejahterakan masyarakat asal pengelolanya berani menerapkan teori-teori baru dalam promosi.

Di zaman serbacanggih, kata dia, promosi pariwisata dapat memanfaatkan jasa influencer dengan pengikut banyak. "Cukup dengan memposting dan insyaallah desa wisata ini akan dicari banyak orang," ujarnya.

Adapun teori baru yang dimaksud Gubernur dalam kaitannya memaksimalkan teknologi digital, pertama, perkuat spot swafoto (selfie). Dengan latar belakang fotografi kekinian, Cipendawa memenuhi syarat untuk menjadi desa agrowisata.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x