Wagub Uu: Tak Ada Dispensasi Larangan Mudik bagi Santri

- 28 April 2021, 14:33 WIB
Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat melakukan Safari Ramadan 1442 Hijriah/2021 di Masjid Al-Hikam, Kabupaten Indramayu./Foto: Aldien/Biro Adpim Jabar/
Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat melakukan Safari Ramadan 1442 Hijriah/2021 di Masjid Al-Hikam, Kabupaten Indramayu./Foto: Aldien/Biro Adpim Jabar/ /

GALAMEDIA - Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menegaskan tidak ada dispensasi bagi santri pada masa aturan larangan mudik 6-17 Mei 2021.

Pemda Provinsi Jabar, menurut dia, masih menunggu instruksi resmi dari pemerintah pusat.

Adapun pernyataan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin terkait dispensasi mudik bagi santri baru bersifat usulan. Pun hingga saat ini belum ada aturan tertulis baru dari Pemerintah Pusat.

"Belum ada aturan baru dari pemerintah soal larangan mudik. Artinya, santri juga harus mengikuti aturan tersebut," kata Uu di sela Safari Ramadan di Kabupaten Indramayu, Rabu 28 April 2021.

Baca Juga: Politikus Gerindra Semprot Bobby Nasution: Ternyata Bobby Sudah Ketularan Kebiasaan Berbohong!

"Kami fatsun kepada pemerintah pusat. Selagi belum ada aturan baru. Kami tetap menggunakan aturan konsep lama, artinya tetap dilarang mudik," ujarnya.

Sosok Panglima Santri menjelaskan, di masa normal para santri biasanya diliburkan pada hari ke-20 Ramadan. Pesantren memadatkan pembelajaran agar santri dapat pulang lebih awal.

Sehingga, mereka baru bisa pulang setelah 20 Ramadan. Sementara bila santri baru diliburkan pada 20 Ramadan maka akan sangat berdekatan dengan tanggal 6 Mei 2021.

Maka sebelum tanggal 6 Mei 2021, Uu menyarankan pengelola pesantren mulai memikirkan kepulangan santri dari sekarang. Apalagi sebelum tanggal 6 Mei, yang diberlakukan Pemda Provinsi Jabar barulah pengetatan mudik.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x