43 Tahun Pura Agung Wira Loka Natha Berdiri, Baru Tahun Ini Bisa Menggelar Prosesi Paridaksan Dwijati

- 28 April 2021, 17:51 WIB
 Selama 43 tahun Pura Agung Wira Loka Natha berdiri, baru kali ini bisa melaksanakan ritual Paridaksan Dwijati atau meningkatkan strata dari warga biasa menjadi Sulinggih.
Selama 43 tahun Pura Agung Wira Loka Natha berdiri, baru kali ini bisa melaksanakan ritual Paridaksan Dwijati atau meningkatkan strata dari warga biasa menjadi Sulinggih. /Laksmi Sri Sundari

GALAMEDIA - Selama 43 tahun Pura Agung Wira Loka Natha berdiri, baru kali ini bisa melaksanakan ritual Paridaksan Dwijati atau meningkatkan strata dari warga biasa menjadi Sulinggih.

Sulinggih, yakni tokoh sentral dalam agama Hindu yang menjadi guru spiritual, jadi sandaran umat, tempat bertanya, pembimbing, dan tempat diskusi.

Mereka yang dinobatkan menjadi Sulinggih atau jika dalam agama Islam sebagai Kiyai, adalah sepasang suami istri, yaitu Jro Mangku Ida Bagus Nyoman Wirawan, dan Jro Mangku Ida Ayu Dewi Susiani. Keduanya dikukuhkan dalam ritual Paridaksan Dwijati di Pura Agung Wira Loka Natha Jalan Sriwijaya, Kota Cimahi, Rabu 28 April 2021.

Baca Juga: Disparbud Kabupaten Bandung Genjot Promosi Kawasan Wisata Edukasi Sabilulungan dan Aplikasi Bandung EDUN

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota Cimahi, Ngatiyana didampingi Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Setda Kota Cimahi, Sugeng Budiono.

"Kami baru bisa melaksanakan Dwijati di pura ini. Biasanya di Bali," kata Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Cimahi, I Nyoman  Sukadana.

Setelah menjadi Sulinggih, keduanya diberikan gelar Bhiseka sesuai pemberian Nabe yaitu Ida Pedanda Gede Putra Pasuruan Watulumban untuk Diksita Lanang. Sementara untuk Diksita Istri yakni Ida Pedanda Istri Ratna Manuaba.

"Mereka kini sudah sah menyandang predikat Sulinggih, dengan gelar Bhiseka. Jadi tokoh sentral agama, sandaran umat, tempat bertanya, diskusi, dan lain-lain," terangnya.

Baca Juga: Pemkab Bandung Akan Lakukan Penyekatan di Jalur Pariwisata

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x