Dibanding Megawati, Akademisi UI Menilai Sosok Ini Dinilai Lebih Pantas Jadi Ketua Dewan Pengarah BRIN

- 3 Mei 2021, 12:20 WIB
Mardani Ali Sera mengomentari penyerahan tanggung jawan Dewan Pengarah BRIN kepada Megawati Soekarnopotri, Ketua Umum PDIP.
Mardani Ali Sera mengomentari penyerahan tanggung jawan Dewan Pengarah BRIN kepada Megawati Soekarnopotri, Ketua Umum PDIP. /Antara Foto/Asprilla Dwi Adha/hp./
GALAMEDIA - Akademisi dan Sosiolog Universitas Indonesia (UI) Tamrin Tomagola menilai bahwa penunjukkan Presiden Indonesia kelima, Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Dewan Pengarah BRIN tidaklah tepat.

Merespons keputusan menunjukkan Megawati menjadi Ketua Dewan Pengarah BRIN yang juga menduduki Ketua Dewan pembina BPIP memang menuai pro dan kontra.

Hal itu tidak terlepas dari kapasitas Megawati yang kini menduduki Ketua Umum partai politik yang pada dasarnya tidak ada korelasi dengan bidang riset dan inovasi.
 
Baca Juga: 10 Desa dengan Predikat Paling Aneh di Dunia, Salah Satunya di Gunung Berapi Aktif!

Dengan demikian, Tamrin Tomagola menilai Megawati bukan sosok yang tepat untuk menduduki posisi strategis di BRIN.

Ia mengatakan, dari kalangan tokoh yang pernah menjabat Presiden seperti Megawati, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dinilainya lebih pantas dan mumpuni untuk menduduki jabatan itu.

"Sejujurnya, menurut pendapat saya, Pak SBY yang jelas-jelas seorang pembelajar yang tekun dan telah berhasil meraih Profesor dan Doktor jauh lebih pantas dan mumpuni menjadi Ketua Dewan Pengarah BRIN," ujarnya dikutip Galamedia dari akun Twitternya @tamrintomagola Senin, 3 Mei 2021.
 
Baca Juga: Jokowi Disebut Telah Obrak-abrik Pendidikan dan Penelitian Ilmiah, Sosiolog UI: Akademisi Perlu Melawan!

Dalam unggahannya yang lain, Tamrin menilai, penunjukkan Megawati oleh pemerintah telah menunjukkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengobrak-abrik pendidikan dan penelitian ilmiah.

"Kenapa Pak Jokowi obrak-abrik dunia pendidikan dan penelitian ilmiah?," ujarnya dikutip Galamedia dari akun Twitter @tamrintomogala Senin, 3 Mei 2021.

Berkaitan itu kata dia, sudah semestinya warga kampus dan akademisi melakukan perlawanan atas upaya sistematis pelemahan dunia pendidikan dan pengetahuan ini.
 
Baca Juga: 7 Mobil Termahal di Dunia Sepanjang Masa, Harganya Bikin Melongo, Ratusan Miliar!

"Warga kampus-akademisi perlu melawan upaya sistematis pelemahan dunia ilmu pengetahuan ini," jelasnya.

Apalagi kata Tamrin, Megawati yang merupakan ketua umum partai politik yang kini menjadi Ketua Dewan Pengarah BRIN.

"Apalagi mengangkat seorang Ketum Parpol jadi Ketua Dewan pengarah BRIN," tandasnya.***

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x