Nekat Mudik, Tenaga Kesehatan Siapkan Swab Antigen di Posko Kesehatan Cukang Monteng Kamojang

- 4 Mei 2021, 20:59 WIB
Kepala Puskesmas Ibun H. Candra Sopiana
Kepala Puskesmas Ibun H. Candra Sopiana /Engkos Kosasih/Galamedia/

GALAMEDIA - Tenaga kesehatan dari Puskesmas Ibun mulai hari Kamis, 6 Mei 2021 hingga 17 Mei mendatang bakal disiagakan di Posko Kesehatan Cukang Monteng Kamojang Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung untuk mengantisipasi adanya warga yang nekat mudik melalui jalur alternatif Kamojang-Ibun tersebut.

"Kita dari tenaga kesehatan akan fokus pada pemeriksaan swab antigen Covid-19," kata Kepala Puskesmas Ibun H. Candra Sopiana kepada Galamedia di kawasan Cukang Monteng Kamojang Kecamatan Ibun, Selasa, 4 Mei 2021.

Menurut Candra, pemeriksaan swab antigen Covid-19 itu dengan sasaran para pengendara yang diperkirakan nekat mudik Lebaran melintasi jalur Kamojang tersebut.

"Disiapkan Posko Kesehatan itu dalam upaya mengantisipasi larangan mudik, selain itu bertujuan untuk mendeteksi pencegahan penularan Covid-19," katanya.

Ia pun mengungkapkan, sebelum dilakukan pemeriksaan swab antigen Covid-19, pihak yang bersangkutan akan ditanya untuk menunjukkan hasil swab antigennya. Dengan harapan hasil swab antigennya negatif.

Baca Juga: Sinopsis Preman Pensiun 5, Rabu 5 Mei 2021: Murad Balas Dendam, Kang Mus Kembali ke Terminal?

"Jika tak menunjukkan hasil swab antigen dan tak mau melakukan pemeriksaan swab antigen, mereka diarahkan untuk putar balik," tuturnya.

Candra mengungkapkan, dalam pemeriksaan swab antigen itu ditargetkan 80 orang per hari dengan menyesuaikan sarana dan prasarana yang ada di lapangan.

"Target 80 orang itu, dengan sasaran para pengendara dari Bandung tujuan Garut atau sebaliknya," ujarnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X