Sarankan Pasar Buka 24 Jam untuk Cegah Kerumunan, Dedi Mulyadi: Mudah Mengendalikan Pengunjung

- 5 Mei 2021, 16:07 WIB
Dedi Mulyadi.
Dedi Mulyadi. /Dedi Mulyadi

GALAMEDIA - Anggota DPR RI Dedi Mulyadi menyarankan agar pasar dibuka selama 24 jam untuk mencegah kerumuman pengunjung menjelang perayaan Hari Raya Idulfitri.

Dedi mengatakan kerumunan yang terjadi seperti di Tanah Abang menjadi kecemasan semua pihak yang berujung pada saling menyalahkan.

"Karena segala sesuatu di Indonesia dikaitkan dengan politik juga kepentingan," ujar Dedi.

Menurutnya setiap menjelang Idulfitri masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan membeli barang mulai dari pakaian, alat salat hingga panganan ke pasar atau pusat pertokoan lainnya.

Baca Juga: Erwin Ramdani Bicara Kegagalan Persib Menjuarai Piala Menpora 2021

"Semua ingin serba baru. Jangankan yang memiliki kecukupan ekonomi, yang tidak pun terkadang mengumpulkan memaksakan agar memiliki kelengkapan untuk hari raya agar serba baru," katanya.

Artinya, kata Dedi, kecenderungan belanja masyarakat memang sulit dicegah karena Idulfitri atau lebaran menjadi momentum perayaan besar satu tahun sekali bagi umat muslim.

Di sisi lain antrean atau kerumuman terjadi karena jam operasional pasar dan pusat pertokoan yang dipangkas selama pandemi Covid-19. Hal itu membuat masyarakat datang secara bersamaan agar bisa membeli apa yang diinginkan.

Baca Juga: 9 Pos Penyekatan Kota Bandung Siap Usir Pemudik, Kapolrestabes: Kita Balikin, Pokoknya Kita Kembalikan

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x