Pemprov Jabar Dorong Pengelolaan Sampah Berbasis Digital

- 5 Mei 2021, 18:30 WIB
Mirip Ojek Online, Pemprov Jawa Barat Ajak Kaum Rebahan Kelola Sampah Lewat Aplikasi.
Mirip Ojek Online, Pemprov Jawa Barat Ajak Kaum Rebahan Kelola Sampah Lewat Aplikasi. /Humas Jawa Barat/

GALAMEDIA - Pemda Provinsi Jawa Barat berkomitmen mendorong pengelolaan sampah berbasis digital, untuk menerapkan konsep ekonomi sirkular.

Dalam mewujudkan komitmen tersebut, Pemda Provinsi Jabar berkolaborasi dengan Octopus sebagai mitra dalam pengelolaan sampah, terutama sampah botol plastik.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan melalui kolaborasi tersebut diharapkan dapat menyempurnakan ekonomi sirkular di Jabar, sekaligus membiasakan masyarakat untuk memilah dan mengolah sampah.

"Dengan memilah dan memilih sampah kita dapat penghasilan sekaligus menyelamatkan lingkungan. Ini bisa menyejahterakan pelestari lingkungan sampai ada tadi yang pendapatannya mencapai Rp6 sampai Rp10 juta,” ungkapnya pada peluncuran “Kelola Sampah Berbasis Digital Menuju Jabar Juara” di Gedung Sate, Jln. Diponegoro, Kota Bandung, Rabu, 5 Mei 2021.

Menurutnya ekonomi sirkular lebih dari sekadar pengelolaan sampah karena mencakup keseluruhan proses produksi, distribusi, dan konsumsi dari hulu hingga hilir rantai pasok. Banyak pihak yang akan terlibat dalam ekonomi sirkular.

Baca Juga: Pemda Provinsi Jabar Antisipasi Penyalahgunaan Momen Lebaran untuk Terima Gratifikasi

Kolaborasi dengan Octopus, lanjutnya, menjadi langkah awal untuk menyempurnakan pengelolaan sampah berbasis digital di Jabar. Octopus sendiri memiliki teknologi canggih berupa aplikasi.

"Di mana sampah bisa kembali menjadi barang berguna secara 100 persen dan teknologi canggihnya sudah ada di Padalarang, Bandung Barat. Saya bangga sirkular sampah di Jabar bisa hadir, kita jadikan provinsi ini terbaik dalam pengelolaan lingkungan sehingga bisa hidup lebih bersih dan asri," tuturnya.

Emil menuturkan, aplikasi Octopus sudah dapat didowload. Nantinya masyrakat dapat menyetor sampah ke pelestari lingkungan untuk didaur ulang oleh PT Namasindo Plas.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x