Muhammadiyah Kritik Pedas Soal TWK KPK, Profesor Ini Beri Jawaban Menohok Soal Doa Qunut

- 6 Mei 2021, 14:23 WIB
Sosiolog UI Tamrin Tomagola./Antara/Nanien Yuniar
Sosiolog UI Tamrin Tomagola./Antara/Nanien Yuniar /



GALAMEDIA – Guru Besar Ilmu Sosiologi Universitas Indonesia (UI), Tamrin Tomagola turut menyoroti ihwal kritik pedas yang disampaikan PP Muhammadiyah ke pemerintahan Presiden Jokowi.

Kritik Muhammadiyah tersebut terkait dengan adanya pertanyaan perihal doa qunut di soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) KPK. Tamrin Tomagola menganggap bahwa doa qunut dapat dipakai untuk menyelamatkan para anggota DPR yang terlibat dalam kasus korupsi.

“Doa Qunut dipake untuk menyelamatkan anggota-anggota DPR penggarong dana bansos Covid-19,” kata Tamrin Tomagola yang dikutip Galamedia dari akun Twitter pribadinya, @tamrintomagola, Kamis 6 Mei 2021.

Baca Juga: Made Bersemangat Jalani Program Latihan Mandiri Persib

Sebelumnya, Ketua PP Muhammadiyah, Dadang Kahmad mengaku sedih dan prihatin dengan keberadaan pertanyaan perihal doa qunut di soal TWK KPK. Dadang menyebut, keberadaan pertanyaan perihal doa qunut di soal TWK KPK merupakan tindakan yang tidak elok dan relevan.

Hal tersebut, menurut Dadang, disebabkan karena penggunaan doa qunut tidak dapat dijadikan sebagai tolak ukur dalam menentukan apakah seseorang itu memiliki rasa nasionalisme atau tidak kepada bangsa Indonesia.

Menurut Dadang, penggunaan doa qunut masih dianggap sebagai sesuatu yang berlainan bagi beberapa kalangan umat Islam di Indonesia khususnya bagi Muhammadiyah.

Baca Juga: Nadiem Nyatakan PJJ Tak Efektif, Segera Tatap Muka, Gus Nadir: Perbaiki Metodenya Bukan Cuma Mindahin Konten

Dadang mengungkapkan bahwa Muhammadiyah tidak mewajibkan untuk menggunakan doa qunut ketika ibadah sholat subuh. Kendati demikian, Dadang menganggap bahwa hal tersebut tidak menjadikan halangan bagi umat Islam di Indonesia untuk bersatu.

Hal tersebut, menurut Dadang, dapat terwujud apabila kita sesama umat Islam saling menghargai dan menghormati atas perbedaan penggunaan doa qunut ini. ***

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x