Jadi Perhatian Netizen, Said Aqil: Indonesia Tak Akan Pernah Lahir Tanpa Bantuan dari RRC

- 6 Mei 2021, 14:36 WIB
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj.
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj. /ANTARA/Reno Esnir


GALAMEDIA – Komisaris Utama PT KAI, Said Aqil Siradj kini tengah menjadi pusat perhatian netizen usai video dirinya yang sedang berpidato perihal kemerdekaan Indonesia tersebar luas di media sosial Twitter.

Video pidato Said Aqil Siradj ini bermula diunggah oleh pemilik akun __K1n9*** ke akun Twitter pribadinya, 4 Mei 2021. Dalam video tersebut, Said Aqil menyebutkan bangsa Indonesia tidak akan lahir tanpa adanya peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Sementara itu, Said Aqil menganggap bahwa peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 tidak akan lahir tanpa adanya peristiwa sumpah pemuda pada 28 Oktober 1928.

Baca Juga: The Real Sultan! Raffi Ahmad Ajak Karyawan Rans Entertainment Borong Baju Lebaran Langsung ke Gudangnya

“Satu nusa satu bangsa lahirlah peristiwa proklamasi kemerdekaan NKRI. Kalau kita urut, tanpa proklamasi kemerdekaan, tidak akan lahir bangsa Indonesia,” kata Said Aqil dalam video berdurasi 47 detik.

“Tanpa sumpah pemuda tidak akan ada semangat satu nusa, satu bangsa, satu bahasa,” tambah dia.

Tidak hanya itu, Said Aqil menyatakan bahwa peristiwa sumpah pemuda pada 28 Oktober 1928 tidak akan lahir tanpa adanya peristiwa sumpah palapa yang dideklarasikan oleh patih Kerajaan Majapahit Gajah Mada.

“Tanpa sumpah palapa tidak akan ada sumpah pemuda,” ungkap Said Aqil. Begitu pula, menurut Said Aqil, peristiwa sumpah palapa tidak akan lahir tanpa adanya Kerajaan Majapahit.

Baca Juga: Sinopsis Buku Harian Seorang Istri 6 Mei 2021: Miris, Nana Putus Asa dan Keluar dari Kediaman Buana

“Tanpa Majapahit tidak akan ada sumpah palapa,” jelas Said Aqil. Terakhir, Said Aqil mengutarakan bahwa Kerajaan Majapahit tidak akan lahir tanpa adanya bantuan dari personil Republik Rakyat China (RRC).

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X