Tren perbaikan perekonomian di Jawa Barat terus membaik pada triwulan I 2021

- 6 Mei 2021, 18:44 WIB
Ilustrasi perekonomian.
Ilustrasi perekonomian. /Pixabay/geralt/

GALAMEDIA - Perekonomian Jawa Barat pada triwulan I 2021,terus melanjutkan tren perbaikan dengan angka kontraksi yang semakin mengecil sebesar -0,83% (yoy). Dimana lebih baik dibandingkan triwulan IV 2020 yang mengalami kontraksi -2,39% (yoy).

Angka pertumbuhan tersebut sedikit lebih rendah dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar -0,74% (yoy).

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat, Ameriza M Moesa mengatakan bahwa sumber perbaikan ekonomi Jawa Barat pada triwulan I 2021, berasal dari komponen sisi permintaan maupun lapangan usaha seiring dengan kondisi perekonomian global yang mulai pulih. Serta penerapan berbagai kebijakan sehingga mendorong perbaikan pada permintaan domestik.

Baca Juga: Mendengar Gus Miftah Dihujat, Habib Jindan: Entar Dulu, Lihat Dulu Sebelum Marah, Kita Bener Gak Marah

Dari sisi lapangan usaha, sektor pertanian, perdagangan, dan konstruksi mengalami perbaikan yang relatif lebih cepat dibandingkan sektor lainnya.

"Perbaikan pada sektor pertanian dipengaruhi oleh panen raya padi dan jagung yang mulai terjadi di Kab. Karawang dan Kab. Garut sejak Maret 2021, sehubungan dengan adanya pergeseran masa tanam di akhir tahun 2020" ungkapnya di Kota Bandung, Kamis 6 Mei 2021.

Menurutnya peningkatan aktivitas dan mobilitas masyarakat juga mendorong kinerja sektor perdagangan, meskipun sempat ada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), namun dampaknya tidak signifikan.

Baca Juga: Riuh Larangan Masuk Gereja, Eks Menteri Agama Ingatkan Pentingnya Saling Menghargai dan Menghormati

Perbaikan kinerja ekonomi Jawa Barat di triwulan I 2021, juga didorong oleh aktivitas konstruksi yang telah berjalan sebagaimana terindikasi dari pertumbuhan penjualan semen yang juga mengalami peningkatan.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x