Begini Strategi Peneliti Komunikasi Atasi Kesulitan Mendapatkan Data di Tengah Pandemi

- 6 Mei 2021, 21:11 WIB
Tangkapan layar webinar bertajuk 'Penelitian di Masa Pandemi' yang diselenggarakan Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komunikasi (Aspikom) Korwil Jabar, Kamis 6 Mei 2021./dok.Aspikom
Tangkapan layar webinar bertajuk 'Penelitian di Masa Pandemi' yang diselenggarakan Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komunikasi (Aspikom) Korwil Jabar, Kamis 6 Mei 2021./dok.Aspikom /

GALAMEDIA – Pandemi covid-19 yang tak kunjung reda membuat para peneliti ilmu komunikasi dan ilmu sosial merasa kesulitan melakukan penelitian lapangan untuk mendapatkan data primer.

Oleh karena itu, para peneliti harus memiliki strategi khusus dalam menghadapinya.

Salah satunya dengan cara mengubah metodologi riset yang tidak harus melakukan interaksi dengan responden atau informan penelitiannya secara tatap muka.

Demikian paparan yang muncul dalam webinar bertajuk 'Penelitian di Masa Pandemi' yang diselenggarakan Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komunikasi (Aspikom) Korwil Jabar, Kamis 6 Mei 2021.

Baca Juga: Selamat Tinggal TV Analog! Kominfo Umumkan Pemenang Penyelenggara Multipleksing TV Digital

Webinar ini diselenggarakan oleh Departemen Litbang dan Pengabdian kepada Masyarakat Aspikom. Acara dibuka oleh Ketua Aspikom Jabar, Dr. Ani Yuningsih, MSi.

Tampil sebagai pembicara Wakil Dekan Fikom Unpad Prof. Dr. Atwar Bajari M. Si. dan Gatut Priyowidodo, Ph.D., dosen Ilmu Komunikasi UK Petra Surabaya.

Ia juga merupakan penulis buku dengan judul Netnografi Komunikasi Aplikasi pada Tiga Riset Lapangan.

Atwar dalam penjelasannya menyatakan, banyak penelitian lapangan masih tergantung pada interaksi sosial.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x