Soal Bipang Ambawang, Aktivis Minta Jokowi Berikan Klarifikasi: Disengaja atau Karena Bapak Tidak Tahu?

- 8 Mei 2021, 15:04 WIB
Yang rindu makan gudeg Jogja, bandeng Semarang, siomay Bandung, empek-empek Palembang, bipang Ambawang dari Kalimantan, dan lain-lainnya, tinggal pesan. Dan makanan kesukaan akan diantar sampai ke rumah
Yang rindu makan gudeg Jogja, bandeng Semarang, siomay Bandung, empek-empek Palembang, bipang Ambawang dari Kalimantan, dan lain-lainnya, tinggal pesan. Dan makanan kesukaan akan diantar sampai ke rumah /instagram.com/bipangambawang/



GALAMEDIA – Seorang aktivis dakwah serta penulis terkenal Hilmi Firdausi menanggapi pidato Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai bipang.

Sebelumnya, Jokowi kembali membuat heboh dunia maya setelah video pidato serta promosi kuliner khas daerah Indonesia viral di berbagai media sosial.

Dalam pidatonya, Jokowi meminta kepada masyarakat Indonesia untuk tidak melakukan mudik Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriyah (2021) karena situasi pandemi Covid-19

“Sebentar lagi lebaran, karena masih suasana pandemi, pemerintah melarang mudik demi keselamatan kita bersama,” kata Jokowi.

Baca Juga: Menggiurkan! Presiden Jokowi dan Ma'ruf Amin Kembali Terima THR Tahun Ini, Segini Nominalnya

Maka dari itu, apabila masyarakat rindu dengan makanan khas daerahnya saat Idul Fitri, Jokowi menyarankan mereka dapat membeli makanan tersebut melalui layanan pesan antar secara online.

"Untuk bapak/ibu dan saudara-saudara yang rindu kuliner khas daerah atau yang biasannya mudik membawa oleh-oleh, tidak perlu ragu untuk memesannya secara online. Yang rindu makan gudeg Jogja, bandeng Semarang, siomay Bandung, empek-empek Palembang, bipang ambawang dari Kalimantan dan lain-lainnya tinggal pesan, dan makanan kesukaan akan diantar sampai ke rumah," ujarnya.

Penyebutan bipang (babi panggang) Ambawang inilah yang kemudian menjadi sorotan netizen serta tokoh terkenal.

Baca Juga: Tasya Kamilla Tiba-tiba Minta Doa untuk Kesembuhan Suaminya, Ternyata Idap Kanker Stadium 2

Penyebutan bipang ini dianggap aneh serta tak masuk akal karena sebagian besar orang beranggapan bahwa video ini dibuat dalam konteks Lebaran yang sebentar lagi dirayakan oleh umat Islam.

Tagar dan topik ‘Bipang’ pun menjadi trending topic di media sosial, khususnya Twitter. Banyak tokoh dan warganet yang mulai mencuitkan tulisan mengenai bipang.

Hilmi Firdausi melalui akun Twitternya @Hilmi28 pun mencuitkan sebuah permintaan pada Jokowi.

Hilmi meminta klarifikasi dari Jokowi soal bipang ambawang karena itu adalah makanan haram bagi umat Muslim.

Baca Juga: Najwa Shihab Soroti Kekosongan Kursi Anggota DPR, Krisdayanti: Geser Dikit Fotonya Nana, Aku Nggak ke Foto

Lebih lanjut, Hilmi juga bertanya apakah ini disengaja atau Jokowi memang tidak tau.

“Assalamu’alaikum Pak @jokowi, mhn diklarifikasi ttg oleh2 lebaran Bipang Ambawang karena itu adlh babi panggang yg jelas haram bagi muslim, apa lagi ini Idul Fitri hari raya ummat Islam, tdk elok rasanya. Apakah ini disengaja, atau karena bapak tdk tau? Tks atas jawabannya,” tulisnya ***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x