Setelah Sejumlah Pihak Berempati, Dea, Balita Warga Cinunuk yang Alami Gizi Buruk Bisa Pulang dari Rumah Sakit

- 9 Mei 2021, 17:27 WIB
Dea (3) yang alami gizi buruk dan TBC tulang digendong ibuanya baru pulang dari RSUD Ujungberung. Didampingi ayahnya dan fasilitator desa di depan rumahnya nyaris renyot dan terbuat dari bilik.
Dea (3) yang alami gizi buruk dan TBC tulang digendong ibuanya baru pulang dari RSUD Ujungberung. Didampingi ayahnya dan fasilitator desa di depan rumahnya nyaris renyot dan terbuat dari bilik. /Engkos Kosasih/Galamedia/

GALAMEDIA - Dea Alivia (3) balita warga Kampung Cijambe Wetan RT 04 RW 18 Desa Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung pulang setelah dirawat 11 hari karena alami gizi buruk dan TBC tulang akhirnya bisa pulang dari RSUD Ujungberung.

Pulangnya Dea anak ke-6 pasangan suami istri Rusdiana (42) dan Ny. Sri Yuningsih (40) ini setelah ada sejumlah pihak yang berempati, termasuk setelah turun tangan Dinsos dan Dinkes Kab. Bandung.

Saat ditengok, Dea yang masih lemah tengah digendong ibunya. Terlihat rumahnya yang sempit terbuat dari bilik nyaris renyot ini sangat mengenaskan. Betapa tidak, Rumah yang dibangun diatas tanah 3 tumbak tersebut pasesedek harus dihuni 8 jiwa.

"Alhamdulillah Dea putra abdi dinten Jumaah (7 Mei 2021) enjing-enjing tos tiasa uih ti RSUD Ujungberung. Hatur nuhun kasadayana, pun anak tos uih, abdi teu ngaluarkeun biaya," tutur Ny. Sri Yuningsih ibu Dea didamping suaminya Rusdiana ketika ditemui Minggu, 9 Mei 2021.

Baca Juga: Geram dengan Penyerangan Israel, Wamenag: Bangsa Indonesia Berdiri di Belakang Rakyat Palestina

Kurnia Dewi, fasilitator Desa Cinunuk yang mengantar ke rumah Dea membenarkan jika Dea pulang dari RSUD Ujungberung setelah turun tangan Dinkes, Dinsos Kab. Bandung dan Puskesmas Cinunuk.

"Alhamdulillah ada respon positif dari dinas terkait sehingga Dea bisa pulang dari RSUD Ujungberung. Biaya perawatan Dea di RSUD Ujungberung Rp 11 juta sudah ditanggung Pemkab Bandung, termasuk SKTM nya," kata Kurnia Dewi.

Menurut Kurnia Dewi, pihaknya selalu fasilitator dan Puskesos Desa Cinunuk akan terus mamantau dan menangani Dea.

"Pekerjaan kami sekarang untuk mengurus BPJS Dea. Pasalnya, NIK Dea di KK error. Mudah-mudahan secepatnya Dea terdaftar di BPJS untuk meringankan biaya perawatan kedepannya," harap Kurnia Dewi.

Ketua Puskesos Desa Cinunuk Kusnadi dan Kurnia Dewi berterima kasih ke dinas dan instansi terkait di Pemkab Bandung telah turun tangan sehingga Dea bisa pulang dari RSUD Ujungberung.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X