Hari Raya Idul Fitri 1442 H Jatuh pada Hari Apa? Ini Penetapan dari Muhammadiyah dan Pemerintah

- 10 Mei 2021, 07:47 WIB
Ilustrasi Hari Raya Idul Fitri
Ilustrasi Hari Raya Idul Fitri /Pixabay.com/PDGJ

GALAMEDIA - Pimpinan pusat Muhammadiyah Haedar Nashir menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H akan jatuh pada Kamis 13 Mei 2021. Hal ini berdasarkan Maklumat Nomor 01/MLM/1.)/E/2021 mengenai Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal dan Zulhijah 1442 Hijriah.

Maklumat tersebut sudah ditandatangani oleh Ketua Umum Muhammadiyah, Haedar Nashir dan Sekretarisnya Agung Danarto pada 16 Januari 2021.

Adapun penetapan 1 Syawal tersebut berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang menjadi pedoman Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dilansir Galamedia dari laman resmi Muhammadiyah.

Baca Juga: Untuk Mengendalikan Penyebaran Covid-19, Unpad Berlakukan Larangan Mudik bagi Dosen dan Tenaga Kependidikan

Lalu bagaimana dengan keputusan pemerintah mengenai jatuhnya Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah? Kementerian Agama baru akan menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1442 melalui sidang isbat yang akan digelar Selasa 11 Mei 2021.

"Isbat awal Syawal digelar 11 Mei 2021 atau 29 Ramadhan 1442 H secara daring dan luring," ujar Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin dalam keterangannya dikutip Galamedia pada Senin 10 Mei 2021.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas akan memimpin langsung sidang isbat tersebut. Karena masih dalam situasi pandemi Covid-19, sidang akan dilakukan sesuai protokol kesehatan dan tidak semua hadir di kantor Kemenag.

Baca Juga: Bupati Nganjuk Terjaring OTT KPK, Cipta Panca Laksana: Bupati Ini yang Pernah Dipuji Dahlan Iskan

"Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi, hanya akan hadir Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, Komisi VIII DPR dan sejumlah Dubes negara sahabat dan perwakilan ormas," tambahnya.

Menurut Kamaruddin, panitia juga telah menyiapkan aplikasi pertemuan Zoom Meeting baik untuk peserta dan media. Karena peliputan dilakukan secara terbatas.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X