Persiapan Kuliah Tatap Muka, Rektor Unpas akan Rancang Thermogun Berbasis IT untuk Permudah Tracing

- 10 Mei 2021, 08:24 WIB
Karyawan Universitas Pasundan mengecek suhu di Wastafel Portabel, Kampus IV Unpas, Jalan Dr. Setiabudhi No. 193, Bandung.
Karyawan Universitas Pasundan mengecek suhu di Wastafel Portabel, Kampus IV Unpas, Jalan Dr. Setiabudhi No. 193, Bandung. /Humas Unpas


GALAMEDIA - Universitas Pasundan berencana melaksanakan Pembelajaran Tatap pada Juli 2021 mendatang. Hal ini didasarkan pada surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Untuk itu, pihak Unpas tengah mempersipkan SOP secara matang.

Penyusunan SOP memerlukan waktu cukup lama karena mencakup banyak aspek yang berhubungan dengan kondusivitas pelaksanaan PTM. Sejauh ini, hampir seluruh dosen, tenaga kependidikan, dan karyawan di lingkungan Unpas telah menerima vaksinasi sebagai ikhtiar mengurangi penularan Covid-19.

Selain kesiapan SDM, Rektor Unpas Prof. Dr. Ir. Eddy Jusuf Sp, M.Si., M.Kom., IPU mengatakan, PTM akan sangat memperhatikan sarana prasarana pendukung protokol kesehatan, salah satunya dengan merancang thermogun (alat cek suhu) berbasis IT.

Baca Juga: Bupati Nganjuk Kena OTT KPK, Diduga Terjaring Kasus Jual Beli Jabatan, Sejumlah Uang Diamankan

“Kami sedang mempersiapkan sarana prasarana dan melakukan koordinasi dengan berbagai pihak. Dalam hal ini, Unpas ingin memanfaatkan teknologi informasi dan merancang thermogun yang terintegrasi dengan komputer,” katanya dalam siaran persnya yang diterima Galamedia, Senin 10 Mei 2021.

Jika memungkinkan, thermogun berbasis IT akan dilengkapi fitur yang dapat memuat data mahasiswa. Data tersebut untuk mengantisipasi apabila ada mahasiswa yang terinfeksi Covid-19, sehingga memudahkan tracing dan mencegah penyebaran.

“Kami pun berupaya untuk memaksimalkan sarana prasarana, tata ruang, meningkatkan kedisiplinan dan kesadaran SDM di lingkungan Unpas, serta menyusun hal-hal lain yang dapat menunjang keberhasilan PTM,” jelas Eddy.

Baca Juga: Manisan Salak Jadi Favorit Keluarga saat Lebaran, Rasanya Segar, Bikinnya Gampang! Ini Dia Resepnya

Eddy melanjutkan, pelaksanaan PTM akan diprioritaskan bagi angkatan 2020 dan mahasiswa tingkat akhir yang memerlukan praktikum di laboratorium. Ini pun hanya 50 persen mahasiswa yang diperbolehkan ke kampus, selebihnya masih secara daring.

“Nanti keputusannya akan diberitahukan lebih lanjut kalau memang Juli sudah memungkinkan tatap muka. Kami masih menyusun SOP dan tidak mau gegabah,” tuturnya.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x