Pemerintah Tutup Penerbangan Carter untuk TKA, Said Didu: Karena Sudah Masuk Semua

- 12 Mei 2021, 20:03 WIB
 Said Didu
Said Didu //Tangkapan layar YouTube ILC/

GALAMEDIA – Eks Sekretaris Kementerian BUMN, Muhammad Said Didu (MSD) turut menanggapi penutupan sementara penerbangan carter yang sebelumnya mengangkut Tenaga Kerja Asing (TKA) ke Indonesia.

Melalui akun Twitter pribadinya @msaid_didu beberapa waktu lalu, ia bertanya alasan penutupan ini. “Karena sudah masuk semua?” tulisnya.

Seperti diketahui sebelumnya, pemerintah telah menutup sementara penerbangan carter dari luar negeri yang mengangkut TKA. Penutupan dilakukan selama masa larangan mudik Lebaran.

Baca Juga: Kubu Luhut Panjaitan Ingatkan untuk Tidak Mempermasalahkan Datangnya TKA China, Ternyata Ini Alasannya

“Berlaku sampai 17 Mei 2021,” ujar Juru bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati dalam keterangannya kepada wartawan.

Lebih lanut Adita mengatakan penutupan izin penerbangan tidak berlaku untuk maskapai yang membawa penumpang WNI dengan kepentingan repatriasi. Penerbangan repatriasi akan berjalan sesuai ketentuan yang berlaku.

TKA asal China, Wuhan sebelumnya memang telah masuk ke Indonesia beberapa kali menggunakan penerbangan carter. Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto juga membenarkan hal tersebut.

Baca Juga: Bukan Utang, TKA atau Pembangunan, Aktivis Ini Ungkap Masalah Terbesar Pemerintahan Jokowi

Novie menjelaskan bahwa pembukaan rute penerbangan itu sudah sesuai dengan perturan penerbitan FA (Flight Approval), telah memenuhi syarat imigrasi, kesehatan, dan kepentingan nasional dalam menangani penyebaran Covid-19.

Penerbangan internasional rute Wuhan-Jakarta ini dilayani oleh maskapai Lion Air. Kabar datangnya WNA sebagai TKA asal China ini pun mendadak heboh. Masyarakat serta tokoh besar mengaku geram.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x