Pemudik yang Lolos Terpaksa Jalani Rapid Test

- 15 Mei 2021, 14:12 WIB
Seorang warga sedang menjalani rapid test antigen di Rest Area Tol Purbaleunyi KM 125, Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Sabtu 14 Mei 2021.
Seorang warga sedang menjalani rapid test antigen di Rest Area Tol Purbaleunyi KM 125, Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Sabtu 14 Mei 2021. /Laksmi Sri Sundari/

GALAMEDIA - Para pemudik yang berhasil lolos harus menjalani rapid test antigen yang dilakukan Satuan Lalu Lintas Polres Cimahi bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi di Rest Area Tol Purbaleunyi KM 125, Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Sabtu 14 Mei 2021.

Berdasarkan pantauan, para kendaraan dengan nomor polisi luar daerah diarahkan petugas kepolisian untuk memasuki rest area. Kemudian diperiksa surat keterangan sehat berupa hasil test negatif Covid-19.

Pemudik yang tidak bisa menunjukan surat keterangan sehat, diarahkan menuju tenda pemeriksaan rapid test antigen. Ada petugas kesehatan dari Dokter Polisi (Dokpo) dan Dinkes Kota Cimahi.

Baca Juga: Dinilai Membela Israel, Ketua KNPI Sentil Abu Janda: Saat Semua Orang Berduka Kau Malah Buat Ulah

"Kami menekankan masyarakat yang berhasil mudik dari luar Bandung Raya, kami stop, ditanyakan surat sehat. Apabila nggak bawa, kami suruh rapi test antigen," kata Kasat Lantas Polres Cimahi, AKP Sudirianto saat ditemui disela-sela kegiatan.

Pemeriksaan rapid test antigen ini akan dilakukan selama arus balik lebaran tahun ini, atau hingga 24 Mei mendatang khusus masyarakat yang berhasil lolos penyekatan.

"Kami siapkan 2.000 Rapid Antigen, kita laksanakan hari ini sampai tanggal 24 Mei, karena diperkirakan tanggal 17 aktivitas kerja sudah mulai, jadi diperkirakan 2 hari kedepan ada lonjakan arus balik," ujar Sudirianto.

Baca Juga: AS Seolah Paling Peduli Terhadap HAM Muslim, Tapi Bela Israel, China: Mereka Mengabaikan Palestina

Diakuinya, selama proses penyekatan pemudik ada saja yang lolos dan berhasil pulang kampung. Untuk itu, rapid test antigen ini sangat penting untuk mengantisipasi penularan Covid-19.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x