Negara Lain di Dunia Turun ke Jalan Bela Palestina, Gus Umar: Indonesia dengan Muslim Terbesar Malah Adem Saja

- 18 Mei 2021, 09:20 WIB
Ilustrasi seorang pria memegang bendera Palestina. Negara-negara Arab baru mengeluarkan reaksi keras terhadap serangan Israel di Gaza Palestina usai seminggu Jalur Gaza dibombardir.
Ilustrasi seorang pria memegang bendera Palestina. Negara-negara Arab baru mengeluarkan reaksi keras terhadap serangan Israel di Gaza Palestina usai seminggu Jalur Gaza dibombardir. /Pixabay/hosny_salah

GALAMEDIA - Ketegangan antara Israel dan Palestina tak kunjung mereda.  Sejumlah negara di dunia turut mendukung kebebasan Palestina.

Menanggapi hal tersebut, tokoh Nahdlatul Ulama (NU), Umar Hasibuan atau akrab disapa Gus Umar turut angkat suara.

Melalui akun Twitter @UmarHasibuan_, Umar mengaku heran lantaran sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak Indonesia justru tidak melakukan aksi apa pun.

Baca Juga: Jeritan Suara Palestina Terhadap Indonesia: Kami Mohon dengan Pemerintah Indonesia Intervensi Israel

"Heran di Indonesia dgn negara terbesar muslim sedunia malah adem saja," ujar Gus Umar seperti dilansir Galamedia, Selasa (18 Mei 2021).

Gus Umar melanjutkan, "Yang bingung adalah Indonesia negara dgn muslim terbesar didunia Gak ada gerakan bela Palestina."

Meski demikian ia mengakui dilema dalam persoalan ini. Unjuk rasa membela Palestina misalnya bukan tak mungkin bakal memicu tudingan Islam radikal hingga penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Innalillahi, Palestina Kekurangan Tenaga Medis, Dokter-dokter di Gaza Tewas Akibat Serangan Israel

"Serba salah memang. Nanti demo belain Palestina dibilang Islam radikal lah. Dibilang pusat penyebaran covid lah," katanya.

Lebih jauh, Gus Umar terang-terangan menyebutkan di Indonesia, semua gerakan yang tidak berdasarkan perintah dari pihak yang disebutnya "kakak pembina" akan dilabeli gerakan radikal, intoleran, dan “mabuk agama”.

"Dinegara ini kalau tidak ada perintah kakak pembina setiap gerakan pasti dianggap intoleran, radikal dan mabok agama. #PalestinianLivesMatter," tutur Gus Umar.

Baca Juga: BLT BPUM UMKM Tahap 1 dan 2 Bakal Cair, Segera Cek Nama Anda di Link Ini!

Sejauh ini sejumlah kota di Amerika Utara hingga Eropa, seperti Toronto, Montreal, Brooklyn, Washington, Boston, New York, Dearborn, London, Madrid, dan Michigan menggelar aksi unjuk rasa untuk membela Palestina.

Begitu pun di Jerman, di kota-kota seperti Berlin, Frankfurt, Leipzig, dan Hamburg, ribuan orang berunjuk rasa menyerukan pembelaan terhadap Palestina.

Baca Juga: Presiden Buka Suara Terkait TWK, Novel Baswedan: Pak Jokowi Bebaskan Kami dari Tuduhan

Unjuk rasa diwarnai seruan boikot Israel serta selamatkan Palestina. Sementara itu hingga saat ini belum terdengar aksi demo bela Palestina di Tanah Air.

Namun Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi menegaskan Indonesia bersama OKI akan mengupayakan tiga langkah, yakni memastikan persatuan, memastikan gencatan senjata segera, serta tetap fokus mencapai kemerdekaan Palestina.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x