Jadi Perpustakaan Terbaik Dunia, Perpusnas Paling Siap Hadapi Covid-19

- 18 Mei 2021, 14:53 WIB
Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando mengatakan Perpusnas adalah salah satu lembaga negara yang paling siap dalam menghadapi pandemi Covid-19.
Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando mengatakan Perpusnas adalah salah satu lembaga negara yang paling siap dalam menghadapi pandemi Covid-19. /Dok. Perpusnas/

 


GALAMEDIA - 41 tahun bukanlah waktu yang singkat bagi perpustakaan nasional menggalakkan kegemaran membaca untuk meningkatkan budaya literasi masyarakat Indonesia.

Oleh karena itu, untuk memperingati Hari Jadinya ke-41, Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) mengangkat tema "Integrasi Penguatan Sisi Hulu dan Hilir Budaya Literasi dalam Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Sosial".

Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando mengatakan Perpusnas adalah salah satu lembaga negara yang paling siap dalam menghadapi pandemi Covid-19. Karena sejak 2015, Perpusnas sudah memulai bermigrasi ke konten digital.

"Alhamdulilah, dua tahun belakangan ini, Perpusnas telah menjadi perpustakaan terbaik dunia dalam menyajikan jurnal ilmiah," ungkapnnya dalam keterangan persnya, Selasa, 18 Mei 2021.

Baca Juga: Konflik Israel - Palestina Masih Panas! Israel Terus Ledakan Bom di Jalur Gaza

Pernyataan ini diperkuat dengan data, bahwa sudah 6,5 juta orang pengguna aktif dalam konten digital Perpusnas yang mengakses 3 - 4 miliar artikel ilmiah.

Namun, data Perpusnas menyebutkan baru 30 juta penduduk Indonesia yang familiar dengan digitalisasi konten ilmu pengetahuan.

Dari angka itu, 6,5 juta orang diantaranya mengaku tidak bisa memisahkan hidup mereka dari ilmu pengetahuan berbasis digital.

"Itu artinya, masih terdapat kesenjangan 240 juta penduduk Indonesia yang belum terkoneksi. Ini ruang yang harus dibangun bersama," ujarnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x