Pemkab Bandung Gelar Gebyar 1.000 Vaksinasi Lansia

- 18 Mei 2021, 18:16 WIB
Kepala Dinkes (Kadinkes) Kabupaten Bandung Grace Mediana Purnami.
Kepala Dinkes (Kadinkes) Kabupaten Bandung Grace Mediana Purnami. /Engkos Kosasih/Galamedia/

GALAMEDIA - Dari total sasaran vaksinasi 312.789 lansia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) baru bisa merealisasikan sebesar 4,5% atau baru 13.033 lansia.

Kepala Dinkes (Kadinkes) Kabupaten Bandung Grace Mediana Purnami, Pemkab menggelar Gebyar 1.000 Vaksinasi Bagi Lansia.

Kadinkes menyebutkan, bahwa kuota vaksin yang diterima pihaknya hanya berjumlah 186.920 dosis. Bila dihitung satu sasaran 2 dosis, terangnya, maka hanya bisa dilakukan kurang dari 100 ribu sasaran.

“Vaksinasi nakes (tenaga kesehatan) sudah 7.558, pelayanan publik kurang lebih sudah 68 ribu orang, dan lansia sampai hari ini baru 13.033 orang. Tadi Menkes (Menteri Kesehatan) menyampaikan, Kabupaten Bandung termasuk yang jumlah sasarannya tinggi, untuk itu akan menjadi perhatian dalam pengadaan vaksinnya,” ujar Kadinkes di sela-sela kegiatan di RSUD Oto Iskandar Di Nata, Soreang, Selasa, 18 Mei 2021.

Baca Juga: Pesawat Boeing 'Terdampar' di Pesawahan, Warga Subang Langsung Menyerbu

Sesuai instruksi pemerintah pusat, Kadinkes menuturkan, untuk saat ini vaksinasi akan difokuskan bagi lansia. Terlebih mengingat kuota vaksin untuk lansia sendiri juga masih belum cukup.

“Kita juga menginginkan masyarakat umum segera divaksin, tapi ini tentu tergantung ketersediaan vaksinnya. Sampai saat ini kami belum menerima tambahan vaksin,” tuturnya.

Terkait jumlah kasus covid-19 usai libur lebaran, Grace belum dapat memastikan. Karena menurutnya, gejala akan muncul pada hari kelima hingga ketujuh, baru pihaknya dapat melakukan pemeriksaan kesehatan.

"Setelah itu pun, harus dilakukan pemeriksaan swab, di mana hasilnya baru keluar dalam waktu tiga hari. Atau bisa lebih cepat dengan tes antigen," terang Grace Mediana.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x