Daerah Ini Diprediksi Diterjang Hujan Deras dan Banjir dalam Beberapa Hari ke Depan

- 18 Mei 2021, 18:30 WIB
Ilustrasi banjir.
Ilustrasi banjir. /Choirun n/PIXABAY

GALAMEDIA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan curah hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi masih melanda wilayah Aceh.

Beberapa hari ke depan sehingga masyarakat diminta waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi.

"Prakiraan cuaca ini terjadi di sejumlah kabupaten/kota di Provinsi Aceh. Peringatan dini pada kategori dua ini masyarakat diminta agar selalu siaga bila terjadi bencana hidrometeorologi,” jelas Koordinator Data dan Informasi BMKG Kelas I Sultan Iskandar Muda Aceh Besar, Zakaria Ahmad di Banda Aceh, Selasa, 18 Mei 2021.

Ia menjelaskan keadaan ini disebabkan karena adanya belokan angin di wilayah Aceh dan anomali suhu muka laut di laut Andaman.

Baca Juga: Pemkab Bandung Gelar Gebyar 1.000 Vaksinasi Lansia

Sehingga hal itu dapat meningkatkan penguapan serta penambahan massa uap air laut yang memicu pertumbuhan awan konvektif dan berpotensi terjadinya hujan ringan, sedang bahkan cuaca buruk di Aceh.

Dalam kondisi ini, dampak yang berpotensi ditumbulkan seperti jalan licin, jarak pandang berkurang, gangguan skala kecil pada layanan air bersih.

Kemudian layanan sekolah dan rumah sakit, longsor atau guguran bebatuan dalam skala kecil serta terjadi genangan air di daerah pesisir.

Baca Juga: Lantik Lima Pj Kades, Bupati Bandung Ingatkan Soal Mentalitas dan Moralitas

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X