Pamor Partai Demokrat Meroket Bayangi Gerindra dan PDIP, Survei ARSC: Isu KLB Berpengaruh Besar

- 22 Mei 2021, 21:15 WIB
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Elektabilitas Partai Demokrat melonjak membayangi Gerindra dan PDIP.
Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Elektabilitas Partai Demokrat melonjak membayangi Gerindra dan PDIP. /Instagram.com/@agusyudhoyono/

GALAMEDIA - Partai Demokrat menembus tiga besar partai politik dengan elektabilitas tertinggi, berdasarkan hasil survei yang diadakan oleh Perkumpulan Kader Bangsa (PKB).

Survei tersebut bekerja sama dengan Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC).

"Partai Demokrat masuk tiga besar partai politik dengan elektabilitas tertinggi dengan proyeksi elektabilitas 14,8 persen," jelas peneliti ARSC, Bagus Balghi dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 22 Mei 2021.

Ia menyebut survei dilakukan pada akhir April hingga awal Mei 2021.

Baca Juga: Konflik Israel-Palestina Mereda, Haikal Hassan: Kini Arahkan Hati dan Pikiran untuk Kebebasan HRS

Perolehan elektabilitas Demokrat sedikit di bawah Partai Gerindra yakni 15,03 persen dan PDIP 19,6 persen di posisi pertama.

Kemudian, elektabilitas Ketua Umum Partai Demokrat AHY masuk dalam enam besar.

Namun, jika dibandingkan dengan ketua-ketua umum partai politik lain, AHY berada pada urutan ketiga dengan elektabilitas 8,89 persen.

Secara umum, survei oleh PKB dan ARSC tersebut dilakukan terhadap 1.200 responden di 34 provinsi dengan metode "stratified random sampling" serta menggunakan teknik wawancara telepon.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x