Kabupaten Bandung Kembali Diterjang Banjir Akibat Luapan Air Sungai Citarum

- 25 Mei 2021, 08:04 WIB
Warga beraktivitas menggunakan perahu saat kawasan Bojong Asih Kabupaten Bandung kembali terendam banjir, Selasa 25 Mei 2021 pagi.
Warga beraktivitas menggunakan perahu saat kawasan Bojong Asih Kabupaten Bandung kembali terendam banjir, Selasa 25 Mei 2021 pagi. /Netizen/



GALAMEDIA - Kawasan Kecamatan Baleendah, Dayeuhkolot dan Bojongsoang Kabupaten Bandung kembali dilanda banjir luapan Sungai Citarum dan anak-anak sungai, Selasa 25 Mei 2021 pagi.

Genangan air yang mulai membanjiri rumah-rumah warga dan akses jalan mulai terjadi sejak Selasa dini hari pukul 01.00 WIB, setelah turun hujan sejak Senin 24 Mei malam hingga Selasa subuh.

Pantauan galamedia di lapangan, intensitas turun hujan mulai dari hujan deras, sedang hingga ringan.

Turun hujan deras mulai terpantau di kawasan Rancaekek sejak Senin malam, yang merupakan daerah aliran Sungai Cikeruh yang bermuara ke Sungai Citarum.

Baca Juga: Dua Personil Boy Band Korea Kenakan Batik, Ridwan Kamil Trending di Twitter

Sejak Senin malam, ruas Jalan Raya Rancaekek-Majalaya pun mulai tergenang air.

Dampak turun hujan deras di wilayah timur dan daerah  aliran Sungai  Citarum sehingga menimbulkan volume atau debit air sungai mengalami peningkatan yang signifikan.

Akibatnya, daerah cekungan Bandung yang meliputi daerah terendah Baleendah, Dayeuhkolot dan Bojongsoang tak luput dari genangan banjir. Banjir di kawasan tersebut rutin terjadi setiap musim hujan.

Berdasarkan informasi dari grup whatsapp siaga warga, pada Selasa pukul 06.50 WIB, tinggi muka air aliran Sungai Citarum di titik pantau kawasan Dayeuhkolot memcapai 709 cm dan diperkirakan mengalami penurunan, meski dalam status awas.

Baca Juga: BMKG Prediksi Wilayah DKI Jakarta dan Jawa Barat Diguyur Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Aktivitas warga di kawasan Bojongasih Kabupaten Bandung  pun terantau mulai memanfaatkan perahu. Mereka yang hendak pergi bekerja ke pabrik maupun aktvitas lainnya.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x