Generasi Milenial Dianggap Paling Boros, Menabung Saham Dinilai Jadi Solusi Investasi Jangka Panjang

- 25 Mei 2021, 19:31 WIB
Ilustrasi generasi milenial
Ilustrasi generasi milenial /PIXABAY/Michael Murica./


GALAMEDIA - Masih ingatkah nasihat para orang tua kita di masa lalu yang mengajak kita menabung? Apa tujuannya? Orang zaman dulu kebanyakan lebih rajin menabung untuk kebutuhan di masa depan karena konsumerisme masa lalu tidak sedahsyat saat ini.

Orang tua atau kakek dan nenek kita tidak banyak pilihan untuk menghabiskan uang di masa mudanya karena ketika itu belum banyak pusat perbelanjaan. Tidak ada cafe yang bertebaran di setiap pelosok seperti sekarang.

Tidak ada transaksi online yang memudahkan orang berbelanja barang kapan saja dan dari mana saja. Belum ada trip jalan-jalan dan berbagai barang branded yang gampang ditemukan. Sehingga, mereka lebih banyak menyimpan uang atau menabung.

Untuk apa uang yang mereka tabung? Untuk mereka bisa membeli rumah idaman mungkin 10-20 tahun kemudian, untuk biaya kuliah anak-anak mereka, dan untuk biaya hidup saat pensiun.

Apakah cara ini bisa ditiru oleh para milenial atau keluarga muda masa kini? Jawabannya harus. Simpanlah uang dalam jangka panjang lebih awal sebelum menggunakan uang yang kita miliki untuk berbagai kebutuhan dan keinginan.

Baca Juga: Terdakwa Kasus RTH Merasa Kecewa dan Menilai Tuntutan Jaksa KPK Berlebihan

Berdasarkan survei dari GoBankingRates, generasi milenial jauh lebih boros ketimbang generasi lainnya.

Berdasarkan survei tersebut, banyak individu yang menghabiskan uangnya untuk hal-hal yang sifatnya tidak esensial, seperti kopi, makan di luar, hiburan, pakaian, dan minuman.

Kepala Kantor Perwakilan Kantor BEI Jawa Barat, Reza Sadat Shahmeini mengatakan bahwa ketika dikelompokkan berdasarkan kelompok usia, generasi milenial menghabiskan uang lebih banyak dibandingkan generasi lainnya secara keseluruhan, terutama untuk pakaian dan makan di luar.

"Padahal, jika anak-anak muda ini mau menghilangkan kebiasaan membeli kopi setiap hari atau pengeluaran lainnya yang tidak perlu, mereka dapat mengumpulkan uang lebih banyak dari waktu ke waktu. Apalagi, jika anak-anak dan pasangan muda mau menggunakan uang itu untuk berinvestasi," ungkapnya di Kota Bandung, Selasa, 25 Mei 2021.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x