Persiapan Pembelajaran Tatap Muka di Tengah Pandemi, Unisba Siapkan Pembelajaran Multimedia

- 26 Mei 2021, 08:50 WIB
Rektor Unisba, Edi Setiadi/Humas Unisba
Rektor Unisba, Edi Setiadi/Humas Unisba /


GALAMEDIA - Hingga saat ini Unisba masih melakukan kajian kesiapan untuk pembelajaran tatap muka pada semester ganjil 2021/2022. Misalnya infrastruktur untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran tatap muka secara terbatas karena masih dalam suasana pandemi Covid-19.

"Salah satu hal yang dipersiapkan yakni pelaksanaan pembelajaran multimedia.
Kita berencana menerapkan pembelajaran multimedia apabila keputusan yang diambil universitas adalah melaksanakan pembelajaran tatap muka terbatas," ujar Wakil Rektor I Unisba Harits Nu'man di acara Silaturahmi Virtual Idulfitri Unisba, Senin 24 Mei 2026.

Ia menjelasakan secara teknis pembelajaran multimedia ini sebagian mahasiswa belajar di kelas, sedangkan mahasiswa lainnya belajar secara daring. Jumlah mahasiswa di kelas tidak lebih dari 50 persen dari total mahasiswa.

Baca Juga: Quran Surat Al Fajar, Berikut Arab, Latin, dan Terjemahnya, Yuk Perbanyak Tadarus Alqurannya

Kemudian kelas pun akan dilengkapi dengan kamera yang menunjang pelaksanaan dua metode pembelajaran sekaligus, yakni tatap muka dan daring. Dengan pembelajaran multimedia, dosen tidak perlu mengajar dua kali untuk mahasiswa yang tatap muka dan daring, cukup sekali mengajar.


Dikatakan, pihaknya akan melakukan ujicoba dulu sebelum sistem pembelajaran multimedia ini dilaksanakan. Dosen pun perlu dibekali kemampuan terlebih dahulu untuk mengajar secara multimedia. Mata kuliah yang akan dilaksanakan secara tatap muka saat ini sedang dipilah oleh kepala program studi masing-masing.

"Kita juga akan memberi pilihan kepada mahasiswa untuk belajar tatap muka atau daring saat perwalian. Karena tidak semua mahasiswa bisa belajar tatap muka karena presentase mahasiswa yang belajar tatap muka hanya 50 persen dari total mahasiswa," katanya.

Baca Juga: Ini Keistimewaan Gerhana Bulan Total Super Blood Moon, Peneliti Bosscha: Gerhana Bulan Akan Terjadi Dua Kali


Menurutnya pPersiapan lainnya, Unisba akan mengkaji terlebih dahulu presentase dosen dan tenaga kependidikan yang sudah divaksin Covid-19. Mahasiswa pun, akan diwajibkan membawa surat hasil tes Covid-19. Karena, hanya mahasiswa yang bebas Covid-19 yang bisa mengikuti perkuliahan di kampus.

"Agar bisa melaksanakan kuliah tatap muka terbatas, perlu izin orang tua atau wali mahasiswa," katanya.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x