Masih Ada Warga Kab. Bandung yang Buang Sampah di Pinggir Jalan, Balad Badega Lingkungan Diminta Proaktif

- 26 Mei 2021, 12:37 WIB
 Masih banyak warga yang membuang sampah di pinggir jalan di Kabupaten Bandung.
Masih banyak warga yang membuang sampah di pinggir jalan di Kabupaten Bandung. /Engkos Kosasih/GM

GALAMEDIA - Kesadaran masyarakar untuk membuang sampah pada tempatnya masih belum maksimal di Kab. Bandung. Masih banyak warga yang membuang sampah di pinggir jalan. 

Hal ini dibenarkan oleh Badega Lingkungan Kabupaten Bandung. Pihaknya masih menemukan banyak warga Kab. Bandung yang membuang sampah di pinggir jalan.

"Kami masih melihat ada tumpukan sampah yang dibuang warga dengan seenaknya di pinggir jalan. Dalam kondisi sampah terbungkus kantong plastik, warga seenaknya melempar sampah di pinggir jalan," kata Badega Lingkungan Kabupaten Bandung, Cecep Kurnia kepada "GM" di Majalaya, Rabu 26 Mei 2021.

Baca Juga: Pelaku Wisata Diminta Taati Aturan Agar Objek Wisata di KBB Tidak Ditutup

Diakuinya sudah banyak warga yang memasang spanduk untuk tidak membuang sampah di pinggir jalan. Namun, masih saja ada warga yang tidak peduli dengan larangan tersebut.

"Banyak pihak sudah berusaha memasang spanduk larangan membuang sampah di pinggir jalan. Masih ada saja warga yang nekat dan menantang sambil membuang sampah di bawah spanduk larangan buang sampah tersebut. Perbuatan warga itu sangat tidak diharapkan," tutur Cecep.

Ia juga mengaku prihatin melihat warga yang tak mengindahkan larangan membuang sampah di pinggir jalan. Padahal sampah bisa dikelola melalui program bank sampah tematik.

Baca Juga: Pelaku Wisata Diminta Taati Aturan Agar Objek Wisata di KBB Tidak Ditutup

"Sampah organik bisa dimanfaatkan untuk pupuk organik, selain bisa digunakan untuk pakan maggot. Sedangkan sampah anorganik bisa didaurulang," katanya.

Cecep pun mengungkapkan Badega Lingkungan terus memberikan edukasi kepada masyarakat dalam pengelolaan sampah. Ia juga berharap Balad Badega Lingkungan yang ada di masing-masing desa di Kabupaten Bandung kembali aktif untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam pengelolaan sampah.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x