Jemput Bola Jadi Strategi Jitu Agar Semua Lansia Mendapat Vaksin Covid-19

- 26 Mei 2021, 15:15 WIB
 Warga antusias melaksanakan vaksin Covid-19 dalam kegiatan Gebyar Vaksinasi Lansia di Kelurahan Melong, belum lama ini.
Warga antusias melaksanakan vaksin Covid-19 dalam kegiatan Gebyar Vaksinasi Lansia di Kelurahan Melong, belum lama ini. /Laksmi Sri Sundari/

 

GALAMEDIA - Sejak beberapa waktu lalu, Pemkot Cimahi menggelar Gebyar Vaksinasi Covid-19 untuk para lansia di wilayahnya. Namun meski melakukan kegiatan tersebut, Pemkot Cimahi juga menggunakan strategi lainnya.

Salah satu yang dilakukannya yakni dengan jemput bola. Terlebih para lansia harus mendapatkan vaksin karena termasuk kategori yang rawan terpapar Covid-19.

Sistem jemput bola ini seperti dilakukan di wilayah kelurahan Melong. Dimana para kader PKK dan tim Satgas Penanganan Covid-19 Kelurahan Melong turun menjemput warga lansia di daerah tersebut untuk melakukan vaksinasi Covid-19 di titik yang sudah disiapkan.

Baca Juga: Fadli Zon Tanggapi Soal 97 ribu Data PNS 'Ghaib' Terima Gaji: Hanya Ada di Negeri Kita

Kepala Puskesmas Melong Tengah, dr Melinda mengaku strategi jemput bola dilakukan para kader dan Satgas Penanganan Covid-19 Kelurahan Melong dinilai efektif untuk mencapai target vaksinasi pada lansia.

Dijelaskan Melinda, hingga saat ini, sudah sekitar 65 persen lansia yang sudah melakukan vaksinasi di Kelurahan Melong Tengah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

Diakuinya, masih banyaknya lansia yang enggan melakukan vaksinasi Covid-19. Salah satu faktor yang mempengaruhinya yakni hoax yang menyebar di masyarakat.

Baca Juga: Tanggapi Bocornya Data BPJS, Muhadjir Effendy Imbau Masyarakat Tak Khawatir: Belum Tentu Data Sesungguhnya

Karenanya, ia mengerahkan satgas untuk bisa melakukan pendampingan kepada para lansi di wilayahnya, serta menjelaskan jika vaksin Covid-19 aman, halal, dan berkualitas.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x