Link Streaming Gerhana Bulan Total Hari Ini 26 Mei 2021, Jangan Sampai Ketinggalan!

- 26 Mei 2021, 16:50 WIB
Super blood moon
Super blood moon /Istimewa/@Antara

GALAMEDIA - Pada Rabu 26 Mei 2021 akan terjadi Gerhana Bulan Total atau Super Blood Moon dan dapat disaksikan dengan mata telanjang di Indonesia.

Gerhana Bulan Total sendiri diperkirakan akan berlangsung mulai pukul 18.09 hingga 20.51 WIB, yang berarti durasi gerhana sekitar 3 jam 8 menit.

Gerhana Bulan Total kali ini disebut dengan Super Blood Moon karena sebuah alasa, yaitu ketika dalam kondisi gerhana Bulan total, Bulan tidak menghilang dari pandangan, melainkan Bulan diselimuti cahaya jingga hingga terlihat berwarna merah darah.

Baca Juga: Super Blood Moon Malam Ini, Umat Islam di Indonesia Diimbau Lakukan Shalat Gerhana

Oleh karena itu, cahaya Matahari yang menuju Bulan malah terhalangi oleh Bumi. Yang terlihat hanya pendar cahaya seperti lingkaran api mengelilingi Bumi.

Pendar cahaya merah dan jingga yang sampai ke Bulan maka akan menyebabkan warna Bulan jadi merah darah hingga disebut Super Blood Moon.

Selain itu, Gerhana Bulan kali ini memiliki dua keistimewaan. Yang pertama, Gerhana Bulan total kali berbarengan dengan terjadinya perige.

Perige sendiri adalah ketika Bulan berada di jarak terdekatnya dengan Bumi yang mana akan membuat bulan terlihat lebih besar dari biasanya.

Baca Juga: Jabar Identifikasi 50 'Surga Tersembunyi' untuk Bangkitkan Sektor Pariwisata

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x