Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi Siap Tangkap Ular Masuk Rumah di Musim Hujan

- 30 Mei 2021, 20:02 WIB
Petugas Damkar Kota Cimahi berhasil menangkap ular yang masuk ke rumah warga di Jalan PJKA  RT 7/RW 14 Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah, Sabtu (29/5) malam.
Petugas Damkar Kota Cimahi berhasil menangkap ular yang masuk ke rumah warga di Jalan PJKA RT 7/RW 14 Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah, Sabtu (29/5) malam. /Laksmi Sri Sundari/Galamedia/

GALAMEDIA - Musim hujan, petugas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kota Cimahi mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap kemunculan ular di lingkungan tempat tinggal mereka.

Biasanya saat banjir datang di musim hujan, ular bisa naik dan masuk ke rumah warga.

Kepala Seksi (Kasi) Penanggulangan dan Penyelamatan pada Satpol PP dan Damkar Kota Cimahi, Muhammad Nur Effendi mengatakan, selain melakukan pemadaman kebakaran, personelnya kerap menangani hewan yang masuk ke rumah atau berkeliaran di pemukiman warga.

"Disamping melakukan pemadaman kebakaran, kita juga melakukan animal rescue, salah satunya penanganan ular masuk rumah," katanya, Ahad, 30 Mei 2021.

Baca Juga: Said Didu Kritik Abdee Slank, Ferdinand Huhataean : Orang Ini Memalukan, Lupa Beli Cermin di Rumahnya

Seperti laporan keberadaan ular yang diterima petugas Damkar Kota Cimahi pada Sabtu, 29 Mei malam. Ular tersebut masuk ke rumah warga di Jalan PJKA RT 7/RW 14 Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah.

"Tadi malam kami mendapat laporan adanya ular masuk rumah. Petugas berhasil menangkapnya dengan menggunakan alat khusus, yakni grab stick, serta alat pelindung diri. Ular jenis jali dengan panjang 120 sentimeter dan diameter sekitar 3 sentimeter. Memudian ular tersebut di lepaskan ke habitat asalnya," ungkap Effendi.

Dijelaskannya, ular yang kerap muncul dan masuk ke rumah warga ini karena perubahan cuaca. Sebab, sambung dia, ular yang tadinya berada di pegunungan terbawa aliran air, dan masuk ke sungai, lalu ke area tempat tinggal warga.

Baca Juga: Kapal Kargo Jepang Bertabrakan dengan Kapal Tanker Kimia, Satu Awak Dikhawatirkan Tewas

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x