Lebih dari 500 Pesantren di Indonesia Telah Go Online Setelah Ikuti Pesantren Go Digital DXB PT Telkom

- 30 Mei 2021, 21:13 WIB
Kakandatel Pekalongan Nanang Setiyo Utomo menyerahkan souvenir ke Habib Luthfi bin Yahya.
Kakandatel Pekalongan Nanang Setiyo Utomo menyerahkan souvenir ke Habib Luthfi bin Yahya. /Dok. PT Telkom./

GALAMEDIA - Sudah 500 lebih pesantren di Indonesia yang go online setelah mengikuti program Pesantren go Digital dari DXB (Digital & Next Business) PT Telkom. Data tersebut juga mencakup pendaftaran Kartu Santri oleh 11.920 santri hanya dari 13 pesantren.

Demikian dikatakan Muhammad Fajrin Rasyid, Direktur Digital Bisnis PT Telkom, di event Seminar Nasional Sinergi dan Kolaborasi Program Mendukung Inklusi Keuangan Bagi Pesantren" di Pekalongan, Kamis, 27 Mei 2021. 

"Kami tidak akan berhenti karena targetnya seluruh pesantren di Indonesia semuanya bisa online. Selain itu, kami ingin juga menargetkan seluruh pesantren di Indonesia tercapai cashless santri melalui Kartu Santri," katanya.

Pada kegiatan tersebut, kedua targetan tersebut dilakukan dengan mendukung program Ureka Mart serta melakukan piloting Kartu Santri di Koperasi Umat Rejaning Karyo Jamaah (Ureka) di bawah bimbingan ulama kharismatik asal Jateng, Habib Luthfi bin Yahya.

Baca Juga: Terungkit Dukungan BRI, Perempuan Lulusan SMA Ini Sukses Bangun Perusahaan Handicraft

Dalam kegiatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Perekonomain Airlangga Hartarto mengatakan, koordinasi dan sinergi harus terus dipertahankan dan diperkuat dalam mendukung inklusi keuangan bagi pesantren.

Sebab, segmen pemuda dan santri, serta pelaku usaha mikro kecil (UMK) pesantren telah sesuai amanat Perpres No 114 Tahun 2020 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI).

Indeks inklusi keuangan di Indonesia sendiri telah mencapai 81,4% pada 2020, lebih tinggi dari 2019 yang mencapai 76,19%.

Karena itulah, dalam acara tersebut dilakukan sinergi inklusi keuangan berupa penyerahan bantuan ke Koperasi Ureka berupa pembangunan 5 unit Urekamart dan pembiayaan usaha pesantren oleh PT Bank Mandiri (Persero), penyerahan program kemitraan UMKM oleh PT Pertamina (Persero), penyerahan program bina lingkungan oleh PT Jamkrindo, penandatanganan MoU oleh PT Pegadaian (Persero), dan penyerahan simbolis implementasi Pesantren Go Digital oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x