Peniadaan Ibadah Haji Seperti Tahun Lalu Jadi Opsi, Kemenag: Kita Bahas dengan DPR

- 31 Mei 2021, 14:11 WIB
Umat muslim saat menjalankan ibadah haji tahun 2020. Ibadah haji tahun ini masih menunggu keputusan Pemerintah Arab Saudi.
Umat muslim saat menjalankan ibadah haji tahun 2020. Ibadah haji tahun ini masih menunggu keputusan Pemerintah Arab Saudi. /

GALAMEDIA - Kementerian Agama akan membahas update persiapan dan mitigasi penyelenggaraan haji 2021 dengan DPR. Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Khoirizi menegaskan bahwa apapun keputusannya, itu akan dibahas terlebih dahulu dengan DPR.

"Persiapan berikut mitigasinya terus dilakukan. Tapi pemerintah belum mengambil keputusan akhir. Arab Saudi juga belum mengumumkan teknis operasional penyelenggaraan haji tahun ini," tegas Plt Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Khoirizi dikutip Galamedia dari laman kemenag.go.id, Senin 31 Mei 2021.

"Yang jelas, apapun keputusan akan dibicarakan antara pemerintah dengan DPR," lanjutnya.

Baca Juga: Dukung Tingkatkan Perekonomian, Kelompok Usaha Bakrie Sumbang Negara Rp 9 Triliun

Khoirizi berharap Arab Saudi bisa segera mengumumkan teknis operasional haji 1442 H, utamanya terkait kuota. Sehingga, Kemenag dan Komisi VIII bisa membahasnya lebih lanjut.

"Selain info dari Saudi, teknis kesiapan Kemenag juga akan dipengaruhi faktor waktu. Itu juga menjadi pertimbangan penting, apakah cukup untuk proses pemberangkatan, pengadaan layanan, dan lainnya," jelas Khoirizi.

Baca Juga: Duh! Pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 Diundur, BKN Akui Ada Formasi yang Harus Direvisi

Ditanya apakah ada kemungkinan mengambil keputusan seperti tahun lalu, Khoirizi menegaskan, bahwa semua opsi akan dibahas oleh Menag bersama DPR.

"Waktu terus berjalan. Kita akan bahas semua opsi berikut persiapan dan mitigasinya bersama DPR," tutupnya.***

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x