Menhan Prabowo Didesak Transparan Soal Rancangan Perpres Alpalhankam, Politisi PDIP: Seperti Ditutupi

- 1 Juni 2021, 07:35 WIB
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto didesak transparan soal Rancangan Perpres Alpalhankam.
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto didesak transparan soal Rancangan Perpres Alpalhankam. /Instagram@Prabowo/

GALAMEDIA - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto didesak untuk bersikap transparan terkait rancangan Peraturan Presiden (Perpres) tentang Pemenuhan Kebutuhan Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan Kementerian Pertahanan dan Tentara Nasional Indonesia Tahun 2020-2024 (Alpalhankam).

Anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon mengatakan, rancangan Perpres tersebut seperti tidak transparan karena tidak disampaikan terlebih dahulu kepada DPR RI dalam hal ini Komisi I DPR.

"Kami berpikiran ada apa sebenarnya, karena rancangan (Perpres) yang begitu hebat lalu seperti ditutupi," tutur Effendi di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin, 31 Mei 2021.

Baca Juga: Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2021, Jangan Lupa Kibarkan Bendera Merah-Putih

Hal itu dikatakan Effendi setelah mengikuti Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi I DPR dengan Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan), Kasad, Kasau, Kasal dan Kepala BAIS.

Effendi menjelaskan, RDP Komisi I DPR tersebut sebenarnya ingin meminta penjelasan kepada Kemenhan terkait rancangan Perpres Alpalhankam yang dirancang dari tahun 2020-2044, namun pengadaan dan pembayarannya dilaksanakan 2020-2024.

"Kami ingin menanyakan seperti apa sih arsiteknya, seperti apa desainnya yang ingin kami tanyakan. Namun Menhan tidak hadir, jadi sebatas penjelasan dari Wamenhan," tuturnya, dilansir Antara.

Dia menilai RDP yang hanya dihadiri Wamenhan tersebut tidak bisa digunakan untuk meminta penjelasan Kemhan terkait rancangan Perpres tersebut karena tidak dihadiri Menhan.

Baca Juga: Tak Juara Liga Champions, Sergio Aguero Dipinang Barcelona Seharga Rp 1,74 Triliun

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x