Waduh, Ribuan Penerima Bantuan di Kota Cimahi Dibekukan Gara-gara Data Tak Valid

- 1 Juni 2021, 16:15 WIB
Ilustrasi bantuan untuk masyarakat.
Ilustrasi bantuan untuk masyarakat. /PMJ News

GALAMEDIA - Ribuan penerima Program Sembako di Kota Cimahi dibekukan, karena datanya tidak valid. Mereka otomatis tidak mendapat bantuan tersebut pada Maret dan April 2021.

Berdasarkan data Dinas Sosial, Pengendalian Keluarga dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP2KBP3A) Kota Cimahi, data penerima Program Sembako ada 19.438 KPM (keluarga penerima manfaat) selama bulan Februari 2021.

Namun jumlah penerima program yang dulunya bernama Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) itu berkurang pada Maret dan April, menjadi 17.093 KPM. Artinya, ada 2.345 KPM yang dibekukan atau tidak menerima bantuan dalam dua bulan itu.

Baca Juga: Kabar Teranyar Soal Ibu Kota Negara Baru, Begini Penjelasan Erick Thohir

"Itu data bayar selama tiga bulan, memang ada pengurangan. Kalau yang Mei belum muncul data bayarnya," jelas Sekretaris DinsosP2KBP3A Kota Cimahi, Fitriani Manan saat dihubungi, Selasa, 1 Juni 2021.

Menurut Fitriani, adanya pengurangan jumlah penerima Program Sembako untuk Maret dan April itu dikarenakan datanya bermasalah berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan, baik oleh Kementerian Sosial (Kemensos) RI dan DinsosP2KBP3A Kota Cimahi.

Permasalahan yang muncul berdasarkan hasil verifikasi di antaranya data penerimanya ganda, ada penerima yang sudah meninggal namun masih tercatat sehingga harus dihapuskan, dan ada permasalahan lainnya.

Baca Juga: Kota Cimahi Genjot Penyerapan APBD di Triwulan 2, Ngatiyana: Pembangunan Fisik Akan Dimulai

Dalam verifikasi, DinsosP2KBP3 Kota Cimahi juga melibatkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cimahi yang memiliki data kependudukan secara keseluruhan.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x