Penanganan Pandemi Covid-19 Butuh Penerapan Nilai Pancasila

- 1 Juni 2021, 17:06 WIB
Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual bersama Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) di Pendopo Kota Bandung, Selasa 1 Juni 2021./Humas Pemkot Bandung
Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual bersama Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) di Pendopo Kota Bandung, Selasa 1 Juni 2021./Humas Pemkot Bandung /

GALAMEDIA - Pancasila merupakan dasar negara bangsa Indonesia yang nilainya harus ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari agar persatuan dan kesatuan tetap terjaga.

Penerapan nilai-nilai Pancasila juga diperlukan dalam konteks penanganan pandemi Covid-19.

Hal itu ditekankan Wali Kota Bandung, Oded M. Danial usai mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual bersama Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) di Pendopo Kota Bandung, Selasa 1 Juni 2021.

"Tentu saja nilai-nilai Pancasila itu harus tertanam dalam keseharian," kata Oded.

Baca Juga: Link Streaming Buku Harian Seorang Istri 1 Juni 2021: Yes! Dewa-Nana Kembali ke Rumah Buwana, Bu Farah Syok

Sebagaimana tercantum dalam lima butir sila dalam Pancasila yang menjadi asas dari kehidupan berbangsa dan bernegara, terang Oded, maka nilai-nilai itulah yang harus diterapkan.

"Contohnya dalam sila pertama yaitu Ketuhanan yang Maha Esa, ini artinya merupakan simbol keyakinan bahwa kehidupan kita diatur oleh Tuhan," tuturnya.

Di masa pandemi Covid-19, Oded menilai, sila kedua yakni Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, sangat dibutuhkan. Sila tersebut memiliki makna, setiap anak banga harus saling menghormati antarindividu maupun kelompok.

"Tentu saja harus menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, ketika kita melihat saudara kita yang membutuhkan, kita harus mengulurkan tangan untuk mereka," tuturnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x