Gara- Gara Hujan Deras Semalaman, TPT di Ciamis Jebol, Dua Rumah Warga Rancah Ciamis Rusak Parah

- 2 Juni 2021, 07:56 WIB
Tembok rumah warga yang rusak akibat longsoran Tebing Penahan Tanah TPT di Ciamis, Selasa 1 Juni 2021.
Tembok rumah warga yang rusak akibat longsoran Tebing Penahan Tanah TPT di Ciamis, Selasa 1 Juni 2021. /Pepi Irawan

GALAMEDIA - Akibat Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Ciamis, pada Selasa 1 Juni 2021) sejak sore hingga malam hari, membuat sebuah tebing penahanan tanah (TPT) longsor. Material longsoran TPT tersebut, menimpa sebuah rumah warga dan membuatnya rusak.

Anggota FK Tagana Kabupaten Ciamis, Dudung Hidayat membenarkan adanya rumah warga yang rusak parah akibat TPT jebol. Sedikitnya ada 2 rumah yang mengalami kerusakan akibat musibah bencana longsor TPT itu.

"Akibat hujan deras yang terjadi sejak sore, hingga malam ini, ada 2 rumah yang mengalami kerusakan akibat longsor, yaitu rumah Sahidin (59), dan Warja (64), warga di Dusun Cibuluh, RT 04, RW 09, Desa Kawunglarang, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat," ungkap Dudung, Rabu, 2 Juni 2021.

Baca Juga: Masih Panas! Febri Diansyah Ungkap Soal TWK KPK: Tidak Ada Penjelasan Pertanyaan Kontroversial

Masih kata Dudung, musibah longsor tersebut terjadi pada pukul 21.30 WIB. Selasa malam.

"Beruntung akibat longsor tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa, dan luka-luka. Namun kerugian material ditaksir hingga puluhan juta rupiah," jelas Dudung.

Dudung, menjelaskan akibat longsoran TPT rumah Warjo jebol dan menimpa rumah Sahidin. Sehingga membuat dinding rumah pada bagian ruang tamu, dan kamar Sadikin rusak.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 2 Juni 2021: Dapat Clue Baru, Al Kembali Jebak Elsa

"Untuk sementara waktu, keluarga korban diungsikan ke tempat yang lebih aman, yaitu ke rumah orangtuanya, hingga proses evakuasi, dan perbaikan selesai," jelas Dudung.

Dudung, menghimbau kepada warga masyarakat untuk selalu waspada, dan hati-hati, mengingat cuaca, serta curah hujan masih terus terjadi di wilayah Kabupaten Ciamis. Sehingga kondisi tersebut menimbulkan potensi bencana longsor. ***

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x