Bulan Bung Karno, Risma Napak Tilas ke Situs Penjara Banceuy dan Gedung Indonesia Menggugat

- 2 Juni 2021, 10:21 WIB
Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kebudayaan, Tri Rismaharini bersama Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar Ono Surono saat napak tilas ke kamar tahanan eks Penjara Banceuy yang pernah ditempati Bung Karno, Rabu, 2 Juni 2021./Lucky M Lukman
Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kebudayaan, Tri Rismaharini bersama Ketua DPD PDI Perjuangan Jabar Ono Surono saat napak tilas ke kamar tahanan eks Penjara Banceuy yang pernah ditempati Bung Karno, Rabu, 2 Juni 2021./Lucky M Lukman /

GALAMEDIA - Ketua DPP PDI Perjuangan Bidang Kebudayaan, Tri Rismaharini melakukan napak tilas perjuangan Presiden RI pertama Soekarno di Kota Bandung, Rabu, 2 Juni 2021.

Ditemani pengurus DPP, DPD PDI Perjuangan Jawa Barat dan DPC PDI Perjuangan Kota Bandung, perempuan yang akrab disapa Risma itu mengunjungi sejumlah tempat yang menjadi saksi bisu perjuangan Bung Karno.

Kunjungan ini terkait dengan Bulan Bung Karno yang diperingati setiap tahun pada bulan Juni. Pasalnya, di bulan ini Pancasila lahir pada 1 Juni, yang digagas Soekarno dan dibahas di rapat konstituante.

Keistimewaan lainnya, Bung Karno lahir pada 6 Juni 1901 di Surabaya dan wafat pada 21 Juni 1970 di Jakarta.

Baca Juga: Genap Berusia 26 Tahun, Berikut Fakta Perjalanan Karier Aktris Chelsea Islan

Dari pantauan galamedianews.com, tempat pertama yang didatangi yaitu kamar tahanan Bung Karno di eks Penjara Banceuy. Risma melihat-lihat eks kamar yang pernah ditiduri Bung Karno.

Kamar tersebut menjadi saksi bisu bagaimana Bung Karno menjalani masa penahanan selama delapan bulan atas tuduhan pemberontakan dan dijerat pasal-pasal karet haatzai artikelen.

Saat itu, pada akhir Desember 1929, Soekarno yang menjabat Ketua PNI dijebloskan ke Penjara Banceuy bersama rekan satu pergerakannya, yaitu R. Gatot Mangkoepradja (Sekretaris II PNI Pusat PNI), Maskoen Soemadiredja (Sekretaris II Cabang Bandung), dan Soepriadinata (Anggota PNI Cabang Bandung).

Di penjara itu, Soekarno menempati sel nomor 5 yang hanya berukuran 2,5 x 1,5 meter dan berisi kasur lipat juga toilet nonpermanen.

Baca Juga: Dalam Situasi Pandemi Covid-19, Unpad Akan Terapkan Pembelajaran Hybrid pada Agustus 2021 Mendatang

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x