Lagi, Pilkades Serentak di Sumedang Digelar di Masa Pandemi Covid-19

- 3 Juni 2021, 17:35 WIB
Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir.
Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir. /Ade Hadeli/Galamedia//

GALAMEDIA - Pemerintah Kab. Sumedang dipastikan bakal kembali menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak, di masa pandemi Covid-19, yang rencananya diagendakan pada 8 September 2021.

"Sebagaimana di tahun sebelumnya, Pilkades Serentak dilaksanakan dengan penerapan Protokol Kesehatan secara ketat karena masih dalam masa Pandemi Covid-19. Dan sekarang situasi itu bakal terulang lagi," ungkap Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir, dalam Webinar Desain Penyelenggaraan Pilkades Serentak di Tengah Pandemi, yang diikuti unsur kecamatan, Apdesi Kabupaten Sumedang dan para kepala desa se-Kabupaten Sumedang, dari ruang kerjanya masing-masing, Kamis 3 Juni 2021.

Selain itu, dalam arahanya, Bupati mengatakan, dengan dilaksanakan Pilkades Tahun 2021, diharapkan mampu menghasilkan para pemimpin di tingkat desa yang berkualitas. Tahun sekarang ada 89 desa yang bakal menyelenggarakan Pilkades.

Baca Juga: Ustadz Adi Hidayat Difitnah Soal Donasi Palestina, Refly Harun : Seolah Kalau Gak Ngatain Ulama Gak Keren

Sambung dia, untuk mendapatkan Kades yang berkualitas. Setidaknya ada 5 kunci sukses yang harus diraih dalam Pilkades Tahun 2021. "Sukses yang pertama adalah sukses penyelenggaraan dimana Pilkades tersebut bisa berjalan dengan prinsip Luber Jurdil. Kedua adalah sukses dalam meningkatkan partisipasi pemilih. Ketiga sukses aman dan damai. Keempat sukses aman dari Covid dengan menerapkan protokol kesehatan sehingga tidak menciptakan klaster baru. Terakhir sukses ekonomi yang diharapkan mampu menggerakkan ekonomi di Kabupaten Sumedang," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati berharap sosialisasi dan edukasi terus diberikan kepada masyarakat di desa-desa yang akan melaksanakan Pilkades. Semua pihak harus menjadi bagian solusi dengan membangun kolaborasi dengan seluruh stakeholders. Sehingga penyelenggaraan Pilkades Tahun 2021 dapat berjalan dengan lancar.

Baca Juga: Diduga Lakukan Pelecehan Seksual dengan Rekan Kerja Militernya, Anggota Angkatan Udara Korea Selatan Ditangkap

Selain itu, dia menekankan agar pada Pilkades nanti, disiapkan Satgas Covid-19 di tiap TPS. "Dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, diharapkan kita semua terhindar dari Covid-19 pasca penyelenggaraan Pilkades. Jadi saya ingatkan setiap TPS harus ada Satgas Covid-19. Sehingga keberadaan mereka dapat mengontrol setiap warga yang datang ke TPS memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, serta memastikan disana ada tempat cuci tangan ataupun handsanitizer," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumedang Endah Kusyaman mengatakan, 89 desa yang akan menggelar pilkades serentak Tahun 2021, adalah desa yang kepala desanya habis masa jabatannya pada Tahun 2021 dan merupakan Kades hasil pemilihan Tahun 2015 lalu.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x