Waspadai Penyakit Pink Eye pada Hewan Ternak, Begini Ciri-cirinya

- 4 Juni 2021, 16:05 WIB
Petugas Dispangtan Kota Cimahi sedang memeriksa domba milik peternak yang ada di di RW 07 Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Jumat, 4 Juni 2021./Lucky M Lukman/Galamedia
Petugas Dispangtan Kota Cimahi sedang memeriksa domba milik peternak yang ada di di RW 07 Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Jumat, 4 Juni 2021./Lucky M Lukman/Galamedia /

GALAMEDIA - Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi menyiapkan petugas yang turun langsung melihat kondisi hewan sakit milik peternak yang ada di wilayahnya.

Selain diperiksa, hewan tersebut diberi obat yang dibutuhkan tanpa harus membayar atau gratis.

Seperti yang dilakukan petugas Dispangtan Kota Cimahi di RW 07 Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Jumat, 4 Juni 2021.

Sejumlah domba milik peternak yang ada diwilayah tersebut diperiksa petugas secara detail. Setelah diketahui penyakitnya, kemudian diberi obat agar pulih kembali.

"Iya kita memang ada program pengobatan ternak, pendampingan, penyuluhan ternak, dan pemeliharaan ternak. Kegiatan itu kita laksanakan terutama bila ada permintaan dari masyarakat," ungkap Kepala Bidang (Kabid) Peternakan Dispangtan Kota Cimahi, Mita Mustikasari.

Baca Juga: Perempuan Kakak Beradik Diduga Jadi Pelaku Penipuan Rp 29 Miliar

Menurutnya, lokasi pelayanan tersebar di 15 kelurahan yang ada di Kota Cimahi. Hal itu tergantung permintaan dari pemilik yang hewannya sedang sakit.

"Ada dua orang petugas, terdiri dari dokter hewan dan paramedis yang biasa turun langsung ke lapangan untuk pengobatan," katanya.

Petugas akan memeriksa terlebih dahulu hewan ternak yang sakit. "Tindakan pengobatan diambil sesuai dengan kondisi sakitnya apa. Untuk pengobatannya gratis oleh dinas," kata Mita.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x