Perluas Vaksinasi Covid-19, Pemkot Cimahi Sasar Kelompok Umur Nonlansia untuk Mempercepat Cakupan

- 4 Juni 2021, 18:50 WIB
Ilustrasi vaksinasi Covid-19.
Ilustrasi vaksinasi Covid-19. /Pikiran-Rakyat/


GALAMEDIA - Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi memperluas vaksinasi Covid-19 untuk kelompok umur nonlansia. Hal itu dilakukan sebagai percepatan cakupan vaksin covid-19 bagi masyarakat Kota Cimahi.

"Sekarang kita kombinasi layanan vaksinasi covid-19, selain warga lansia juga untuk warga nonlansia untuk menambah cakupan," kata Plt. Wali Kota Cimahi, Ngatiyana, Jumat 4 Juni 2021.

Sebelumnya Kementerian Kesehatan mengumumkan melalui surat edaran bahwa sasaran pemberian vaksinasi Covid-19 diperluas ke kelompok umur pralansia atau penduduk usia 50 tahun ke atas. Mereka termasuk dalam kelompok rentan dan perlu dilindungi dari risiko tertular Covid-19.

"Ke depan kita vaksin serempak dipecah turun ke wilayah, baik untuk lansia maupun nonlansia berjalan beriringan," ujar Ngatiyana.

Baca Juga: AHY 'Napak Tilas' di Kota Kelahirannya: Saya Selalu Menjadikan Bandung Kota Spesial

Menurut Ngatiyana, setelah dilakukan Gebyar Vaksinasi Covid-19 Lansia, cakupan bertambah. "Cakupan lansia yang sudah divaksin sekarang 39%. Alhamdulilah naik setelah 2 minggu kita genjot lewat gebyar vaksinasi. Sebelumnya baru kisaran 30% dari sekitar 52.000-54.000 warga lansia," terangnya.

Meski demikian, lanjut Ngatiyana, proses vaksinasi covid-19 bagi warga lansia masih perlu ditingkatkan.

"Makanya sekarang kita kombinasi,karena kalau menunggu vaksin untuk lansia nanti cakupan kita lambat penambahannya," jelasnya.

Kendala penambahan cakupan vaksinasi lansia lambat di antaranya karena tidak bisa dilaksanakan vaksin seperti kendala kesehatan mulai dari penyakit komorbid, tekanan darah naik, dan lainnya.

"Ada juga yang harus dijemput di lapangan," ucapnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x