Cegah Penyebaran Covid-19, Pemkot Cimahi Batasi Pintu Masuk Pasar Tradisional

- 5 Juni 2021, 10:23 WIB
Seorang petugas sedang melakukan pengecekan haga kepokmas di Pasar Melong, Kamis 20 Mei 2021.
Seorang petugas sedang melakukan pengecekan haga kepokmas di Pasar Melong, Kamis 20 Mei 2021. /Laksmi Sri Sundari/

 

GALAMEDIA - Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pasar Kota Cimahi memperketat penerapan protokol kesehatan (prokes) di pasar tradisional yang dikelolanya, terutama di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) ini.

Hal itu dilakukan guna menekan penyebaran virus corona atau Covid-19. "Selama PPKM, jam operasional seperti biasa. Tapi diperketat prokesnya," ungkap Kepala UPTD Pasar Kota Cimahi, Syahrizal Yusuf, Jumat 4 Mei 2021.

Sejak mewabahnya virus corona, jam operasional pasar tradisional berkurang dari jam 04.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

Baca Juga: Sinopsis Buku Harian Seorang Istri 5 Juni 2021 : Ibu Farah Mulai Membongkar Identitas Nana

"Seperti di Pasar Atas, jam 12.00 WIB pengunjung sudah mulai berkurang. Mungkin masyarakat juga sudah mengetahui aturan prokes, salah satunya menjauhi kerumunan," terangnya.

Tidak hanya itu, kata Syahrizal, di Pasar Atas juga diberlakukan pembatasan akses jalan masuk dan keluar pasar. "Di Pasar Atas kita gunakan 2 pintu masuk, dan 1 pintu keluar. Yang biasannya semua pintu masuk digunakan," terangnya.

Menurut Syahrizal, di pintu masuk pasar pihaknya menempatkan petugas yang akan mengecek suhu tubuh, dan melihat penggunakaan masker bagi pengunjung yang datang.

Baca Juga: Airlangga Apresiasi Kreuz, Sepeda Produk dalam Negeri, Menperin Akan Bantu SNI-nya

"Di pintu masuk ada petugas yang jaga, yang tidak pakai masker dilarang masuk. Sesuai prokes, setiap pedagang dan pengunjung yang masuk pasar juga harus diperiksa suhu tubuhnya. Kalau melebihi batas normal diminta pulang kembali. Sejauh ini sudah ada beberapa pengunjung yang suhu tubuhnya diatas normal, sehingga kami minta untuk pulang," terangnya.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x