Israel Berulah, Hamas Ancam Gencarkan Kembali Serangan Roket

- 5 Juni 2021, 20:20 WIB
Hamas ancam gencarkan kembali serangan roket ke wilayah Israel.
Hamas ancam gencarkan kembali serangan roket ke wilayah Israel. /Sumber: Pars Today/

 

GALAMEDIA - Pada masa gencatan senjata, Israel berulah. Negara yang dipimpin Benjamin Netanyahu itu menahan bantuan untuk warga jalur Gaza dari Qatar.

Dalam sebuah laporan dari media Lebanon, Al Akhbar, Hamas mengancam akan melanjutkan menembakkan roket ke Israel jika negara itu tidak menyalurkan uang bantuan yang dikirim oleh Qatar yang ditujukan ke Jalur Gaza pada pekan depan.

“Provokasi Israel terhadap Gaza dan warga miskin yang seharusnya menerima uang Qatar cenderung meningkatkan ketegangan dan konflik,” kata sumber Hamas yang tidak disebutkan namanya kepada surat kabar itu, menurut media Israel.

“Jika ini tidak terjadi, maka akan diambil keputusan penting mengenai gencatan senjata bersama,” lanjutnya seperti dikutip GALAMEDIA dari Sputniknews, Sabtu, 5 Juni 2021.

Baca Juga: Bersihkan Sampah di Pantai Pangandaran, Susi Pudjiastuti: Pusing, Marah Saya Setiap Hari Gak Habis-habis

Asisten Menteri Qatar Lolwah Al-Khater, juru bicara kementerian luar negeri, mengatakan negara di Teluk itu akan mengalokasikan sekitar USD500 juta untuk membantu membangun kembali lebih dari 45.000 rumah yang rusak dan hancur di Jalur Gaza setelah 11 hari pemboman oleh pesawat dan artileri Israel.

Bantuan itu di atas USD360 juta lainnya yang dijanjikan ke Gaza oleh Doha pada bulan Januari, yang merupakan kelanjutan dari paket bantuan tahun-tahun sebelumnya.

Dilansir Associated Press, Naji Sarhan, Wakil Kementerian Pekerjaan dan Perumahan Gaza, mengatakan kerugian dari perang 11 hari bulan lalu berjumlah USD150 juta.

Namun, wilayah tersebut, terputus dari sebagian besar impor oleh Israel dan Mesir, belum banyak dibangun kembali sejak dua perang lainnya dengan Israel pada 2009 dan 2014, atau serangan berselang yang terjadi di antara mereka.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x