Disdik Kota Cimahi Lakukan Persiapan PPDB Tahun Ajaran 2021/2022

- 6 Juni 2021, 18:09 WIB
Ilustrasi PPDB 2021.
Ilustrasi PPDB 2021. /Dok. PRFM News.

 

GALAMEDIA - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi terus melakukan persiapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2021/2022, termasuk sosialisasi. Sementara untuk teknis PPDB, saat ini tengah menunggu Peraturan Wali Kota (Perwal) Cimahi.

Kepala Disdik Kota Cimahi, Harjono mengatakan, pihaknya sudah melakukan sosialisasi PPDB sebanyak tiga kali.

"Kita sudah melaksanakan sosialisasi PPDB. Sekarang sedang menunggu Perwal-nya. Posisi Perwal kami masih dikonsultasikan ke pak gubernur, karena pimpinan kami pelaksana tugas. Sehingga semua produk perwal-nya harus atas ijin Kemendagri. Kalau dari pa gubernur sudah seminggu lalu, tapi draf itu final," terangnya saat dihubungi, Ahad 6 Juni 2021.

Baca Juga: Segera Berlangsung, Berikut Link Live Steraming MotoGP Catalan 2021

Seperti halnya dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2021 mengenai Penerimaan Peserta Didik Baru, PPDB tahun 2021/2022 dilaksanakan melalui empat jalur. Mulai dari jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan tugas orang tua atau wali, hingga jalur prestasi.

"PPDB kami tidak beda jauh dengan PPDB kota/kabupaten lain, karena dasarnya ya Permendikbud nomor," terangnya.

Meski begitu, kata Harjono, ada beberapa perbedaan aturan PPDB tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga: Presiden Merasa Lemah di Hadapan DPR dan Parpol, Legislator: Nah, Mengapa Takut?

"Yang membedakan diantaranya, untuk yang lintas zona yang tempo hari dibatasi 500 meter, tahun ini dirubah menjadi 1 kilometer. Misalnya, orang Cimahi Utara yang tinggal di dekat perbatasan Cimahi Tengah, contoh misalnya warga Cibabat yang tinggalnya dibelakang toko kue secara logika ke SMPN 1 itu sebenarnya lebih dekat daripada ke SMPN 10. Kalau batasnya menjadi 1 kilometer bisa mendaftar ke sekolah lain," ujarnya.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x