Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Maluku, Getaran Terasa Hingga Papua

- 7 Juni 2021, 14:33 WIB
Ilustrasi gempa bumi./
Ilustrasi gempa bumi./ /PIXABAY

GALAMEDIA - Gempa berkekuatan magnitudo 5,3 mengguncang barat laut Kepulauan Aru, Maluku, Senin, 7 Juni 2021 sekitar pukul 12.15 WIB.

Menurut informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episentrum gempa berada di 4,72 Lintang Selatan dan 133,78 Bujur Timur sejauh 135 kilometer dengan kedalaman 27 kilometer.

BMKG menyebut aktivitas sesar aktif di utara Graben Aru menyebabkan wilayah Aru diguncang gempa tektonik sekitar pukul 12.15 WIB dengan magnitudo 5,3 yang diperbarui menjadi 5,2.

Baca Juga: Bakal Diberi Pelatihan, Pengangkatan Komisaris BUMN Dinilai Said Didu Terbukti Hanya Bagi-bagi Jabatan

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 4,69 LS dan 133,8 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 128 km arah Barat Laut Aru, Papua Barat pada kedalaman 15 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif di utara Graben Aru," ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangannya di Jakarta, Senin, 7 Juni 2021.

Dikutip dari Antara, Bambang mengatakan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip).

Berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap), gempabumi ini berpotensi menimbulkan guncangan II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang ) di Aru, Kaimana dan Sorong Selatan.

Baca Juga: Ibaratkan AHY dan Airlangga Seperti Gas dan Rem, Demokrat Siap Ulangi Kejayaan SBY-JK pada 2024

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x