Ada Krimea di Jersey Piala Eropa Ukraina, Rusia Meradang Bawa-bawa Nazi Jerman

- 8 Juni 2021, 11:59 WIB
GalamediaNews
GalamediaNews /

GALAMEDIA - Seragam Ukraina untuk Piala Eropa  memicu kemarahan negara tetangga, Rusia karena kit tim nasional terbaru tersebut menyertakan peta Ukraina yang mencakup Krimea.

Rusia mencaplok Krimea dari Ukraina pada tahun 2014 dan hingga kini Moskow menganggap kawasan semenanjung itu bagian dari Rusia.

Tapi secara internasional Krimea diakui sebagai bagian dari Ukraina, termasuk oleh PBB.

Baca Juga: Sultan Only, Dibanderol Rp 403 Miliar Rolls Royce Boat Tail Jadi Mobil Termahal di Dunia


Kepala asosiasi sepak bola Ukraina Andriy Pavelko merilis jersey baru di laman Facebook resmi akhir pekan lalu atau kurang dari seminggu sebelum kompetisi kontinental dimulai Jumat (11 Juni 2021).

Siluet peta negara ditempatkan di bagian depan jersey  dengan  menunjukkan perbatasan Ukraina dalam garis putih. Ada juga slogan nasionalis di bagian atas belakang jersey, “Glory to Ukraine!”

Sedangkan di bagian dalam kaus tertera slogan lainnya  “Glory to the heroes!”.  Keduanya  merupakan frasa yang biasa digunakan di Ukraina sebagai sapaan resmi militer.

Baca Juga: Hari Laut Sedunia: Spirit Jabar Mengelola Laut sebagai Sumber Kehidupan

Menanggapi ini, dikutip Galamedia dari DailyMail, Selasa (8 Juni 2021) wakil parlemen Rusia Dmitry Svishchev menyebut desain jersey Ukraina tak lebih dari provokasi politik.

Svishchev juga menyatakan aksi Ukraina menyertakan peta negara pada jersey yang mencakup wilayah Rusia sebagai sesuatu yang ilegal.

Juru bicara kementerian luar negeri Rusia Maria Zakharova melalui media sosial mengatakan  slogan-slogan nasionalistik pada jersey Ukraina tak ada bedanya dengan Nazi Jerman.

Baca Juga: Bukan Cinta Biasa, Kakak Meninggal Beberapa Detik Jelang Akad Adik Rela Gantikan Posisi Dinikahi Mempelai Pria

Hubungan antara Moskow dan Kiev memburuk tajam setelah pencaplokan Krimea dan dimulainya pemberontakan separatis yang didukung Rusia di Ukraina timur pada tahun 2014.

Ukraina akan memainkan pertandingan pembuka Euro 2020  melawan Belanda pada 13 Juni di Amsterdam, lalu  menghadapi Austria dan Makedonia Utara di Grup C.

Sedangkan Rusia dijadwalkan bakal menghadapi Belgia pada 12 Juni serta  Denmark dan Finlandia di Grup B.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: dailymail


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x